Minggu, 04 Maret 2012

Uji Emisi Esemka Tak Ada Kendala


 

Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa Erzi Agson Gani mengatakan uji emisi Mobil Esemka di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong Tangerang Selatan, Banten, tak ada kendala.

"Selama pengamatan saya, uji emisi mobil Esemka di BTMP tidak ada masalah dan kendala apapun," kata Erzi di BTMP Serpong, Senin (29/2).

Uji emisi berlangsung selama 19 menit 45 detik. Uji emisi melibatkan satu tim berpengalaman, terdiri dari sopir, pencatat data hingga setter up. Tapi, kata Erzi, pihaknya tak bisa mengumumkan hasil uji emisi karena tak punya kewenangan.

"BPPT hanya ditunjuk untuk melakukan pengujian. Sedangkan pengumuman diserahkan kepada yang memberi perintah, yakni Dirjen Perhubungan Darat," terang dia.

Namun, Erzi memastikan, uji emisi dilakukan sesuai syarat dan dilakukan seksama. Apalagi BPPT merupakan lembaga yang memiliki sertifikat internasional dan resmi. Artinya, hasil yang dilaporkan kepada Dirjen Perhubungan Darat, merupakan hasil uji sungguhan bukan main-main.

"Pengujian yang dilakukan BPPT adalah secara resmi karena kendaraan ini digunakan bukan untuk setahun melainkan seterusnya. Jadi, harus aman bagi masyarakat," katanya.

Anggota Komisi I DPR Roy Suryo mengungkapkan, pihaknya bersyukur bila selama uji emisi Esemka tak ada kendala. Artinya, kata dia, peluang lulus uji sangat besar.

Namun Roy tak mau cepat bungah. Dia menunggu pengumuman resmi, karena ada 11 tahapan pengujian. "Uji emisi ini adalah rangkaian ujian terakhir. Tapi bila melihat runutan perjalanannya, semuanya berjalan lancar," katanya.

Anggota Komisi VII DPR Muhammad Syafrudin mengaku tak sabar mengendarai Esemka sebagai fasilitas bekerja. "Secepatnya mobil ini bisa di pasarkan karena produk dalam negeri yang banyak di tungu kehadirannya oleh masyarakat," katanya.

Pascauji emisi, mobil Esemka kemudian dikendarai kembali Wakil Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo untuk kembali ke Solo.

Sebelumnya, Mobil Esemka dilakukan proses pendinginan selama enam jam sebelum dilakukan uji emisi Euro 2 di di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, setelah datang pada pukul 7 pagi.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi pada Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Prawoto, menuturkan bila pihaknya telah menyiapkan tiga penguji dan tiga pengawas dalam proses uji emisi tersebut.

Uji emisi merupakan bagian dari salah satu syarat bagi kendaraan baru yang nantinya akan di produksi secara massal dan dinyatakan layak jalan. Uji emisi pun bertujuan untuk memastikan bila kandungan yang dihasilkan dari kendaraan tersebut aman dan ramah lingkungan.

"Nantinya akan diambil kandungan emisinya yang dihasilkan setelah melakukan perjalanan. Bila memenuhi syarat, dinyatakan lolos uji emisi," katanya.

Sumber: (www.metrotvnews.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger