Minggu, 04 Maret 2012

Audi Ungkapkan Cara Kerja Cylinder on Demand



AUDI telah merilis rahasia teknologi penghemat bahan bakar yang diberi nama 'Cylinder on Demand' (COD) di YouTube, yang menggambarkan bagaimana sistem pengaturan katup berperan besar dalam teknologi tersebut.

Mobil Audi yang pertama kali menggunakan teknologi ini adalah Audi S6, S6 Avant S7 Sportback dan S8 2012 yang dilengkapi mesin 4.0 TFSI. Kini Audi menerapkan COD pada mesin 4 silinder 1.4 liter TFSI yang ditemukan pada Audi A1 yang mampu menghasilkan 138 hp dan torsi 250 Nm.

Audi A1 bermesin canggih ini mampu membukukan konsumsi bahan bakar dengan takaran 24,4 km/liter dengan emisi CO2 109 g/km. Bandingkan dengan mesin 1.4 liter TFSI tanpa COD memberikan 18,8 km/liter dengan emisi CO2 122 g/km.

Teknologi ini berfungsi menonaktifkan dua dari empat silinder ketika kendaraan tidak membutuhkan tenaga yang besar. Caranya dengan menutup katup-katup intake dan exhaust pada silinder ke-dua dan ke-tiga, lewat pergeseran mekanis tambahan pada camshaft (poros bubungan) sehingga katup-katup tidak terangkat (terbuka).

Sebelum hal ini terjadi ruang bakar pada silinder diisi oleh udara segar, sementara injeksi bahan bakar dan pengapian dimatikan. Alhasil hanya silinder nomor satu dan nomor empat saja yang bekerja memberikan tenaga, sehingga lebih efisien.

Ketika sistem membaca perubahan situasi pengendaraan yang membutuhkan tambahan tenaga mesin, maka COD akan melepaskan diri secara otomatis sehingga keempat silinder akan berkerja secara bersamaan.

COD siap bekerja sepanjang waktu dan Audi telah mengembangkan sebuah kontrol logis yang memantau kondisi dan perilaku pengendaraan. Ketika kondisi berkendara benar, sistem akan memberitahukan COD telah aktif lewat lampu indikator yang ada pada intrument cluster.

COD akan melepaskan diri secara otomatis jika kondisi pengendaraan berubah baik saat pengendara menekan pedal gas maupun pedal rem. Proses peralihan berlangsung sangat mulus dan hanya membutuhkan satu putaran dari camshaft.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger