Minggu, 04 Maret 2012

Akhirnya Gunung Kelud Dinyatakan Milik Kabupaten Kediri

 
Perebutan wilayah Gunung Kelud antara Kabupaten Blitar dengan Kabupaten Kediri berakhir, setelah Pemerintah Provinsi Jawa Timur memutuskan wilayah Gunung Kelud dan sekitarnya masuk dalam wilayah Kabupaten Kediri.

"Keputusan yang saya keluarkan dianggap sudah final dan tidak akan diubah meski nantinya ada protes dari Kabupaten Blitar," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Surabaya, Minggu (4/3).

Menurutnya, pertimbangan Gunung Kelud masuk wilayah Kediri setelah melalui pertimbangan dengan melihat peta sejak zaman Belanda serta masukan dari Kementerian Dalam Negeri.

Dalam mmebuat keputusan, pemprov tidak berjalan sendiri melainkan mendapat masukan dari berbagai instansi terkait. "Dasar yang dipakai cukup kuat untuk menyatakan Gunung Kelud masuk Wilayah Kediri," ujarnya.

Keinginan Kabupaten Blitar menguggat melalui PTUN terhadap keputusan itu, hendaknya dibatalkan sebab keputusan pemerintah sudah final.

"Apanya yang mau digugat, ini keputusan Pemerintah, kenapa harus digugat oleh Pemerintah sendiri. Kalau mau klarifikasi nanti kita jelaskan," ujarnya.

Dengan keputusan itu maka dipastikan sejumlah desa di wilayah Gunung Kelud secara administrasi nantinya akan masuk wilayah Kediri, meski sebelumnya masuk wilayah Blitar.

Menurut Gubernur, akan ada perubahan administrasi terutama soal KTP, nantinya akan dilakukan secara bertahan perubahan itu tanpa harus memindahkan warganya.

Sumber: (www.metrotvnews.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger