Selasa, 03 Januari 2012

Universitas Terbaik Indonesia

Universitas Terbaik di Indonesia – Ketika lulus SMA, maka seseorang akan dihadapkan diantara dua pilihan, yaitu kerja atau kuliah, atau malah dua-duanya. Untuk yang memilih kerja, maka dia harus menentukan apakah kerja menjadi pengusaha atau bekerja dengan menjadi karyawan perusahaan. Untuk yang menjadi karyawan, maka harus siap-siap untuk sibuk mencari kerja dengan cara menulis beberapa Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae yang digunakan untuk melamar kerja di berbagai tempat kerja. Bagi yang memilih melanjutkan studi ke perguruan tinggi, atau biasa disebut dengan kuliah ,  maka akan dihadapkan dengan suatu hal yang bernama universitas.
Universitas merupakan suatu sarana bagi para lulusan SMA dan sederajatnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni. Universitas sendiri terdapat yang negeri maupun yang swasta. Untuk melanjutkan ke universitas negeri, maka para lulusan Sekolah Menengah Atas akan dihadapkan terlebih dahulu dengan ujian SNMPTN. Persaingan di dalam SNMPTN ini cenderung berat, karena biasanya daya tampung yang ada jauh lebih kecil daripada jumlah peminat, apalagi di kampus-kampus negeri yang favorit. Jadi, ada Tips Sukses SNMPTN yang harus dicermati agar bisa lolos ujian. Untuk Universitas Swasta, terdapat banyak pilihan untuk memilih kampus yang memiliki kualitas yang bagus, tentunya harus disesuaikan juga dengan besarnya anggaran.
Berdasarkan penilaian dari Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2011/2012 pada tanggal 5 September 2011, berikut empat Universitas Terbaik Di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran Top 600 =
  • Universitas Indonesia (UI) di peringkat 217 dunia (50 Asia)
  • UGM berada di peringkat 321 dunia (80 Asia)
  • UNAIR di peringkat 451-500 dunia (86 Asia)
  • ITB di peringkat 401-450 dunia (98 Asia)
Quacquarelli Symonds (QS) adalah lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia yang sistem penilaiannya berdasarkan beberapa indikator, diantaranya research quality, teaching quality, graduate employability dan internationalitation. QS menyajikan pemeringkatan berdasarkan subyek seperti peringkat perguruan tinggi di bidang Arts & Humanities, Engineering & Technology, Social Science and Management, natural Science, Life Science and Medicine. QS World University Ranking menggunakan enam parameter dalam pemeringkatan yaitu academic reputation (40 persen), employer reputation (10 persen), student/faculty ratio (20 persen), citations per faculty (20 persen), international faculty (5 persen) dan international students (5 persen).
Selain itu, ada juga penelitian versi Webometrics pada akhir Januari 2011 dengan penilaian dari 4 kategori yaitu size, visibility, rich files, dan scholar untuk menilai Universitas terbaik di dunia.  Berikut adalah 10 Kampus Terbaik di Indonesia yang masuk ke dalam rangking Webometrics =
  • Universitas Gadjah Mada peringkat ke 583
  • University of Indonesia peringkat ke 599
  • Institute of Technology Bandung peringkat ke 770
  • Airlangga University peringkat ke 1000
  • Diponegoro University peringkat ke 1004
  • Petra Christian University peringkat ke 1007
  • Gunadarma University peringkat ke 1010
  • Andalas University peringkat ke 1015
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember peringkat ke 1017
  • Universitas Negeri Malang peringkat ke 1018
Itulah tadi beberapa Universitas Terbaik di Indonesia yang dinilai dari berbagai sumber. Selain kampus-kampus tersebut di atas, menurut admin, ada juga Universitas yang memiliki kualitas baik namun tidak tercantum di atas, seperti Universitas Padjajaran, IPB, Universitas Brawijaya, dll. Maju terus dunia pendidikan di Indonesia!

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger