Senin, 02 Januari 2012

Transmisi Otomatis untuk Sepeda Listrik

TRANSMISI otomatis kini tidak lagi didominasi oleh kendaraan bermotor. Sebuah perusahaan bernama Fallbrook Technologies telah meluncurkan transmisi otomatis untuk sepeda. Hal ini bermula ketika mereka meluncurkan sistem transmisi sepeda jenis baru yang dinamai NuVinci Continuously Variable Planetary (CVP) N170 pada 2007 lalu. 

Tidak seperti pada transmisi sepeda pada umumnya yang menganut sistem gigi derailleur, transmisi sistem gigi planet ini terinstalasi pada bagian hub roda belakang sepeda yang disekat agar kotaran, debu dan bahan pencemar lainnya tidak bisa masuk.

Sistem transmisi gigi planet ini menawarkan kemampuan mengubah rasio gigi, meskipun saat sepeda tidak dijalankan. Sistem ini terus dikembangkan hingga pada tahun lalu Fallbrook Technologies memperkenalkan model NuVinci N360.

Transmisi baru ini lebih kecil dang ringan dibanding model N170 ditambah dengan penyajian rentang rasio yang lebih lebar. Dari NuVinci N360 kemudian dikembangkan dan lahirlah transmisi baru yang lebih canggih yang baru dirilis tahun ini yaitu NNuVinci Harmony.

NuVinci Harmony merupakan transmisi versi otomatis dari N360 yang dikembangkan secara khusus pada e-bike (sepeda listrik) yang menggunakan sistem tegangan 12-48 volt. Transmisi ini secara otomatis mengatur rasio untuk menjaga irama yang disukai oleh pengayuhnya.

Jika Anda mendaki sebuah bukit, transmisi akan bergeser ke rasio yang lebih rendah sehingga tidak ada kesulitan lagi untuk mengayuh pedal, layaknya seperti saat di jalan datar.

Sistem transmisi ini memiliki dua pengontrol yang terpasang di setang kemudi. Base Controller memungkinkan pengendara memilih tiga kecepatan irama yang terjaga secara otomatis dengan menekan sebuah tombol.

Pada dasarnya ini sudah menjadi setingan pabrik yang pada dasarnya hanya terdiri dari tiga irama pilihan yang terdiri dari pilihan cepat, sedang atau lambat. Sedangkan pada pengontrol kedua yaitu Advance Controller, para pengguna dapat menemukan irama yang tepat yang benar-benar mereka sukai dan memerintahkan sistem untuk menjaganya.

Jika para pengendara menginginkan, mereka bisa mengganti mode transmisi ini menjadi mode manual dan memilih rasio yang mereka inginkan. Ini serupa dengan transmisi otomatis pada mobil generasi terkini yang memiliki juga mode manual.

Perangkat yang dikemas dalam bentuk hub roda belakang ini sendiri memiliki bobot 250 gram, dan memiliki sistem quick-release attachment agar mudah melepas pasang roda dan NuVinci Harmony CVP mulai digunakan pada e-bike di awal tahun depan dengan banderol harga mulai 2.000 Euro (sekitar Rp23,832 juta).

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger