Selasa, 03 Januari 2012

Tips Agar Lulus Masuk Perguruan Tinggi Idaman

Tips Agar Lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi ini edikasikan bagi semua sobat tanah air dimana akan menghadapi ujian masuk Perguruan Tinggi. Selain berniat bisa membantu juga berusaha agar perjuangan Anda semua selama ini tidak sia-sia belaka. Baiklah silakan di baca dan dipahami agar sukses Lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi nantinya.
1. Selalu Belajar dengan serius.
Karena belajar hal paling mendasar dalam menghadapi semua tantangan, begitu juga ujian masuk Perguruan Tinggi, Saya menyarankan paling tidak 30 hari sebelum hari ujian harus benar-benar fokus belajar test Ujian Masuk.

2. Kursus / Bimbel.
Jika miliki dana lebih sangat disarankan mengikuti bimbingan belajar khusus menghadapi Ujian masuk. Banyak sekali manfaat bisa di dapat dari ikut bimbingan belajar tersebut. Jika ikut bimbel akan dikasih tahu kisi-kisi soal mungkin akan keluar saat Ujian Masuk beserta pembahasanaya. Selain itu jika masih tidak paham dgn soalnya masih bisa meminta dijelaskan lagi.

3. Banyak mengikuti try out.
Try out walau bagi sebagian orang dianggap cuma buang-buan uang saja ternyata sangat beguna buat anda. Sering ikut try out jadi bisa mengetahui bagaimana macam-macam soal akan keluar saat ujian nanti. Selain itu try out adalah ajang bagus mengetahui hasil belajar. Buat yg ikutan bimbel juga jangan sampai melewatkan try out yg diadakan. Dan bagi ikut try out jangan langsung pulang setelah selesai tetapi ikuti juga pembahasanya karena itulah seharusnya di tunggu-tunggu. Jangan lupa juga melihat hasil nilai.

4. Pelajari soal-soal Ujian Masuk Beberapa Tahun lalu.
Setelah belajar giat inilah saatnya menerapkan ilmu yang telah di pelajari. Ya inilah saatnya mencoba mengerjakan soal-soal Ujian Masuk pada beberapa tahun sebelumnya. Saya menyarankan benar-benar mengerjakan Soal dari 5 tahun sebelumnya.

5. Jangan Terlalu Percaya Passing Grade.
Passing grade adalah hal yang paling dicari-cari menjelang ujian masuk digelar. Passing grade juga sering dijadikan patokan menentukan jurusan akan mereka pilih. Saran saya adalah jangan melihat angka maupun persenan di passing grade karena rata-rata semua bimbel mengeluarkan passing grade memiliki angka/persen berbeda-beda.

6. Pilihlah Jurusan Sesuai Minat.
Memilih jurusan ternyata juga sangat menentukan. Jangan sekali-kali memilih jurusan yang tidak di sukai karena alasan apapun karena akan menyesal nantinya. Pilihlah jurusan yang sesuai minat dan bakat. Konsultasi sam orang tua dan guru sangat penting dalam menentukan jurusan yang akan di pilih. Jurusan yang di pilih sangat menentukan kesuksesan, jadi jangan main-main dalam menentukannya. Oh ya selain yang diatas juga harus menyesuaikan jurusan yang akan kita pilih dengan kemampuan.

7. Sehari sebelum Ujian Buat Istirahat dan Cari Ruang Ujian.
Hal ini mungkin dianggap sepele tapi ternyata mengistirahatkan pikiran dimana telah lelah belajar di 1 hari sebelum ujian itu sangat berguna. Tidak usah merasa takut menjadi bodoh hanya karma refresing 1 hari saja, karena saya yakin otak juga sudah penuh akibat belajar berbulan-bulan. Jadi istirahatkan di 1 hari tersebut. Manfaatkan hari tersebut mengecek dimana ruang ujian agar tidak kualahan pada pagi harinya setelah itu malamnya bolehlah mengulang belajar lagi.

8. Usahakan agar Datang Pagi-pagi dan Manfaatkan waktu beberapa jam sebelum ujian dimulai Pengalaman tahun lalu ternyata waktu beberapa jam menjelang ujian itu sangat menentukan. Gunakan waktu sebaik-baiknya beradaptasi dgn lingkungan. Gunakan waktu luang sebelum ujian sebagai sarana menghilangkan grogi, jangan malah tegang belajar terus ada kalanya intiplah ke dalam ruangan yang anda pakai ujian untuk mengetahui susunan kursinya. Kalau sudah tiba saatnya ujian bawa alat tulis secukupnya saja, bawa tempat pensil kalau perlu (houseofafree.blogspot.com).

9. Sebelum Ujian Masuk Perguruan Tinggi Dimulai jangan lupa BERDOA.

*Pilihlah Jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, agar di kemudian hari tidak menyesal dan tidak mampu melanjutkannya. Semoga Anda Sukses.....!!!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger