Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Taufik Hidayat, gagal melanjutkan kiprahnya setelah tumbang pada babak pertama Victor Korea Open di Seoul, Korea Selatan.

Ketua PB Djarum Kudus, Yoppy Rosimin, di Semarang Rabu ketika dimintai komentarnya mengatakan, persiapan Taufik mungkin kurang setelah libur Natal dan Tahun Baru.

Taufik Hidayat yang menempati peringkat sembilan dunia dipaksa harus menyerah dari tunggal putra Inggris, Rajiv Ouseph, dengan dua set langsung 19-21 dan 15-21 dalam waktu 36 menit.

Padahal, dalam dua kali pertemuan terdahulu, Taufik yang baru saja menjuarai India Open Grand Prix Gold 2011 tersebut selalu menang atas pemain Inggris yang menempati peringkat 24 dunia tersebut.

Sementara itu tunggal putra Indonesia lainnya, Simon Santoso, yang menjadi unggulan kedelapan berhasil melangkah ke babak kedua setelah mengalahkan pemain Jepang, Kazushi Yamada, dua set langsung 21-11 dan 21-16 dalam waktu 39 menit.

Pada babak kedua, Simon Santoso yang kini menempati peringkat tujuh dunia tersebut bakal menghadapi tunggal putra Inggris Rajiv Ouseph yang sebelumnya mengalahkan Taufik Hidayat.

Pertemuan Simon Santoso melawan Rajiv Ouseph tersebut merupakan yang kedua kalinya karena sebelumnya mereka sudah saling bertemu pada event yang sama pada 2011 dengan skor 1-0 untuk Simon.

Saat itu Simon Santoso berhasil menang atas Rajiv dengan dua set langsung, 21-19 dan 21-15.

"Saya dengar di Korea sedang musim dingin dan itu sangat berpengaruh kepada pemain. Tetapi kalau sekelas Taufik saja kalah, tentunya ada yang perlu dipersiapkan lagi pada event-event selanjutnya," kata Yoppy Rosimin.

Sementara itu pemain tunggal putra lainnya, Tommy Sugiarto baru akan berjuang di babak pertama melawan unggulan keenam dari Jepang, Sho Sasaki sedangkan Dionysius Hayom Rumbaka akan menghadapi pemain Denmark, Jan O Jorgensen.