Jumat, 06 Januari 2012

Selama 2011, Ada 4 Penderita HIV/AIDS di Aceh Meninggal

Empat dari lima penderita Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) yang menjalani perawatan di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh selama periode 2011 telah meninggal dunia.

"Sudah empat orang penderita HIV/AIDS yang meninggal dunia selama 2011, sementara satu orang lagi masih dalam pengobatan," kata Wali Kota Banda Aceh Mawardy Nurdin di Banda Aceh, Senin (12/12) usai menobatkan duta HIV/AIDS ditingkat pelajar SMA di Taman Sari.

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Media Yulizar, Wali Kota mengatakan jumlah penderita penyakit menular itu setiap tahun mengalami peningkatan.

"Saya perkirakan masih ada warga kita yang positif terjangkit penyakit HIV/AIDS, apalagi kesadaran untuk memeriksa kesehatan masih tergolong rendah," katanya.

Menurutnya, selama ini mayoritas penderita HIV/AIDS di provinsi paling ujung barat pulau Sumatra itu terdeteksi dengan cara tidak sengaja seperti saat pemeriksaan darah.

"Kami terus berupaya memberikan sosialisasi dan menyediakan tempat konsultasi khusus di beberapa Puskesmas bagi warga yang ingin mengetahui lebih jauh tentang bahaya penyakit tersebut, kami akan menjalami kerahasiaanya," kata Mawardy Nurdin.

Menurutnya, penyebab dominan HIV/AIDS di Aceh karena hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan dan jarum suntik narkoba.

"Penyebaran virus HIV/AIDS sejak 2004 hingga saat ini semakin mengkhawatirkan. Penyakit berbahaya itu menyerang segala usia dan tidak memandang kelas sosial masyarakat, makanya kita harus waspada," katanya menambahkan.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Aceh, hingga akhir November 2011 jumlah penderita HIV/AIDS sebanyak 102 orang. Jumlah itu tersebar di 21 dari 23 Kabupaten/Kota.

Dari 102 orang tersebut, 80 diantaranya masih menjalani perawatan dan 22 orang telah meninggal dunia.

Sumber: (metrotvnews)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger