Minggu, 08 Januari 2012

Pick Up Seharga Rp50 Juta Karya Anak SMK

SISWA SMK terus berkreasi. Setelah siswa SMK Solo menciptakan mobil Esemka, pelajar asal Surabaya pun berhasil merakit mobil mini truck jenis pick up yang harga jualnya hanya Rp50 juta. Uniknya, proses perakitan hanya membutuhkan waktu 21 hari.

Mobil truck mini itu dikerjakan 20 murid jurusan otomotif SMKN 2 Surabaya, Jawa Timur. Mereka terbagi menjadi dua kelompok yang mengerjakan mesin dan kelistrikan.

Kendaraan tersebut telah melewati proses finishing, Ahad (8/1). Saat diujicoba, mobil tampak seimbang dan berfungsi dengan baik, termasuk peralatan pendukung berupa lampu dan air conditioner (AC).

Mobil tersebut menggunakan sistem electric fuel injection yang memiliki kapasitas mesin 1.500 cc. Transmisinya manual dengan lima kecepatan. Bahan bakarnya menggunakan pertamax karena mesinnya memakai catality convertor.

Panjang kendaraan itu yakni 4,5 meter dan lebar 1,5 meter. Body mobil menggunakan plat besi dan bumper depannya dari fiber.

Meski demikian, masih ada kekurangan pada mobil tersebut. Beberapa di antaranya menggunakan power window, transmisi yang manual, belum melakukan uji emisi, dan sertifikat laik jalan.

Siswa SMKN 2 Surabaya mendapat jatah merakit 12 unit dari proyek mobil nasional. Baru dua unit yang rampung. Sebab, para siswa mengalami kendala mendatangkan onderdil dari Cina.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger