Senin, 02 Januari 2012

Pemerintah Janji Turunkan Suku Bunga

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan sudah saatnya menurunkan suku bunga acuan Bank Indonesia dibawah 6,5 persen untuk menggenjot pertumbuhan sektor riil. Namun, hal itu belum cukup tanpa menekan suku bunga kredit perbankan.

Hal itu diungkapkan Hatta di Istana Negara Jakarta, Senin (2/1). Ia menegaskan inflasi 2011 yang berada di angka 3,79 persen merupakan momentum untuk menurunkan suku bunga.

Hatta mengatakan, saat ini pemerintah intensif berdialog dengan Bank Indonesia untuk merumuskan kebijakan baru tersebut. "Ada pembahasan antara pemerintah dan BI. Angkanya masih dikaji," ujar Hatta.

"Kita coba mengurangi, spread antara bunga deposito dan lending. Ini (bunga kredit) yang harus kita tekan, sehingga lending akan lebih murah disamping sekarang. Dan akan mengalirkan likuiditas ke sektor riil,” tutur Hatta.

Dari data Bank Indonesia (BI), tercatat bunga kredit bank di Indonesia rata-rata mencapai 12,4 persen. Ini tinggi sekali dibandingkan bunga kredit Malaysia yang sebesar 6,54 persen. Bahkan Thailand, Filipina, dan Korea pun bunga kredit perbankannya sangat rendah yakni masing-masing 7,25 persen, 5,71 persen, dan 5,69 persen.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger