Kamis, 05 Januari 2012

Menhub Tidak Akan Tergesa Cabut Izin Sumber Kencono

Menteri Perhubungan EE Mangindaan masih menanti hasil penyelidikan dan tidak akan tergesa-gesa memutuskan mencabut izin Sumber Kencono. "Kecelakaan itu sudah diinvestigasi semua atau belum? Kalau belum, jangan tergesa-gesa," kata Mangindaan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/3).

Pernyataan Menhub menyusul munculnya desakan untuk mencabut izin perusahaan jasa angkutan umum itu karena catatan kecelakaan yang dimiliki oleh Sumberkencono sepanjang 2011.

Ia mengatakan perlu dipertimbangkan dampak sosial dari pencabutan izin perusahaan jasa angkutan itu. "Kalau saya berhentikan, Sumber Kencono itu busnya 300an lebih. 300 dobel sopir dan berapa ribu anggota keluarga dan sebagainya," katanya.

Oleh karena itu, ia menambahkan perlu hati-hati dalam memutuskan itu. Namun, menurutnya, Kemenhub akan mengkaji pelanggaran aturan yang terjadi atau kesalahan terletak di mana, misal sopir yang hanya memiliki pengalaman satu bulan.

Apabila hasil penyelidikan memang membuktikan sangat fatal maka apa boleh buat. "Sedang diinvestigasi sekarang," katanya.

Menhub menyebut ukuran fatal antara lain bus tidak layak dan pengemuka tidak punya SIM. Menurutnya, Kemenhub telah mengirimkan tim untuk menyelidikan hal itu.

Sepanjang 2011, bus Sumber Kencono dilaporkan mengalami sejumlah kecelakaan di jalan raya yang mengakibatkan hilangnya nyawa.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger