Minggu, 08 Januari 2012

Mantan Penjaga Gawang Meksiko Ditahan

Mantan penjaga gawang kesebelasan internasional Omar Ortiz ditahan. Pria berusia 35 tahun itu dicurigai bekerja sama dengan satu geng penculik, yang memicu kecemasan atas pelanggaran hukum yang melanda negara itu.

Jorge Domene, juru bicara keamanan pemerintah untuk negara bagian Nuevo Leon, Meksiko utara, mengungkapkan Ortiz mengaku membantu para penculik menyekap dua korban yang kaya. Geng ini rata-rata memeras satu juta peso (US$73.000) untuk satu korban. Ortiz diduga menerima uang lebih dari 100.000 peso.

"Saya diam," kata George W.Gryson, seorang ahli Meksiko di perguruan inggi William & Mary di Virginia, setelah muncul berita-berita penahanan Ortiz.

"Saya menduga itu adalah satu indikasi kemungkinan kejahatan yang teroganisasi ada di mana-mana," ujarnya.

Ortiz terlihat tenang ketika tentara menangkapnya dan tiga tersangka lainnya di ibu kota negara bagian Nuevo Leon, Monterrey. Kota ini dilanda serangan meningkat dari kejahatan yang terorganisasi.

Domene mengatakan geng itu memilih para korban dalam satu pertemuan sosial. Korban kemudian diculik dan dituntut untuk memberikan uang tebusan.

Jaksa agung Nuevo Leon, Adrian de la Garcia mengatakan para tersangka penculik itu ditangkap 5 Januari 2012. Ia menyatakan bahwa pemimpin geng tersebut belum ditangkap. Mereka terendus bekerja untuk Kartel Gulf.

Pemerintah konservatif Presiden Felipe Calderon mempertaruhkan reputasinya untuk menumpas geng-geng narkoba. Beberapa dari kelompok itu memiliki cabang luas dalam kegiatan-kegiatan seperti perampokan, pemerasan dan penculikan.

Geng Ortiz diduga telah melakukan 20 penculikan di antaranya pada 2011. Mereka menculik suami dari bintang populer Meksiko, Gloria Trevi. "Penculik dapat dihukum penjara sampai 50 tahun," Domene.

Setelah Ortiz menghilang awal pekan ini, media Meksiko memperkirakan ia diculik. Namun ternyata tidak. Bintang sepak bola itu terlibat penculikan. Ia hanya membantu memilih para korban dan memberikan informasi kepada geng itu.

Antara tahun 2007 dan 2008, penculikan di Meksiko meningkat hampir 200 persen dari 438 menjadi 1.284 orang. Lebih dari 46.000 orang tewas dalam aksi kekerasan antargeng yang meletus sejak Calderon mulai menumpas kartel-kartel narkoba setelah memerintah lima tahun lalu.

Perang terhadap geng-geng adalah salah satu dari masalah-masalah utama yang jadi perdebatan dalam pemilihan presiden Meksiko Juli. Jaksa Agung Nuevo Leon, Adrian de la Garza mengatakan tidak ada indikasi para pemain sepak bola lainnya terlibat dalam penculikan-penculikan.

Ortiz yang berjuluk ElGato ikut bermain dalam tim nasional Meksiko pada 2002. Pada 2010, ia dilarang bermain karena terbukti positif dopping. Larangan itu akan berakhir April 2012.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger