Kamis, 05 Januari 2012

M Jasin Ikut Pemilihan Kepala LAN

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Mohamad Jasin ikut memperebutkan kursi Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN). Kehadirannya sempat mengagetkan saat berlangsung proses ujian di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Salah satu Anggota Tim penilai, Prijono Tjiptoherijanto mengaku terkejut ketika melihat nama Jasin ikut dalam daftar kandidat Kepala LAN. "Saya tidak percaya, apa ini benar Pak Jasin yang di KPK atau yang lain. Sekarang saya yakin kalau benar Pak Jasin KPK," ujar Prijono dalam rilis yang diterima wartawan, Kamis (5/1).

Ia lalu mengajukan pertanyaan yang sedikit menggelitik kepada Jasin. "Sebenarnya apa sih tujuan Pak Jasin mau jadi kepala LAN. Apa tidak rugi, kan lebih baik di KPK?," tanya Prijono kepada Jasin.

Pertanyaan itu dilontarkan karena menurut Prijono, menjadi kepala LAN akan membuat nama Jasin tidak populer. Posisi sebagai Kepala LAN kurang disorot media. Hal itu tentu saja berbeda dengan saat menjadi salah satu pimpinan KPK.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Jasin menjawab bahwa dirinya tidak mencari popularitas. Ia hanya ingin memperbaiki sistem administasi yang ada. "Saya ingin mengubah sistem administrasi negara yang belum jalan. Karena saya prihatin melihat rendahnya kode etik di kalangan aparatur," paparnya.

"Korupsi masih tinggi, layanan publik rendah sementara kode etiknya tidak ditegakkan. Itu sebabnya, sistemnya harus diubah agar kode etik bisa ditegakkan," imbuh Jasin.

Selain Jasin, peserta ujian calon Kepala LAN lainnya yakni Deputy Pembinaan Diklat Aparatur LAN Endang Wirjatmi, Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah Provinsi Riau Feizal Qamar Karim, Deputi Spimnas LAN Ismail Said, Deputi Bidang Kajian Manajemen Kebijakan dan Pelayanan Makhdum Priyatno, dan Kepala PKP2A III-LAN Samarinda Meliana.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger