Rabu, 04 Januari 2012

Jumlah Pesanan mobil 'Kiat Esemka" Puluhan Ribu

Mobil buatan anak-anak sekolah menengah kejuruan di Solo, "Kiat Esemka", kebanjiran pesanan. Pesanan melambung hingga puluhan ribu. Hal itu dikatakan pembina pembuatan mobil "Kiat Esemka", Sukiyat, di Klaten, Jawa Tengah, Kamis (5/1).

Sukiyat mengakui, sejak mobil "Kiat Esemka" digunakan sebagai mobil dinas Wali Kota Solo Joko Widodo permintaan mobil tersebut naik tajam. Sukiyat menjelaskan, sudah puluhan ribu pemesan dari seluruh Indonesia yang masuk. Mereka harus antre selama empat bulan ke depan.

Sukiyat menjelaskan, pihaknya saat ini masih menunggu proses perizinan yang sedang diurus. Jika izin sudah turun, Sukiyat mengaku siap memproduksi massal untuk memenuhi permintaan pasar.

Proses pembuatan massal mobil itu akan dilakukan dengan menggandeng SMK di seluruh Indonesia. Sebab, jelas Sukiyat, nafas pembuatan mobil ini adalah ingin melatih dan memberi ilmu kepada siswa SMK dalam hal perakitan serta penjualan mobil. Begitu lulus mereka siap masuk ke dunia kerja dan berpoduksi sendiri.

Saat ini pembuatan mobil berkapsitas 1500 cc itu melibatkan sebanyak 23 SMK di Indonesia. Nantinya, akan banyak lagi SMK yang dilibatkan untuk memenuhi puluhan ribu pesanantersebut. Sukiyat mengaku sedang mengejar penandatanganan kerja sama dengan sejumlah SMK untuk pembuatan mobil ini.

Sementara itu, berbagai masukan dan kritikan dari para pejabat yang sudah mencoba langsung akan dijadikan bahan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas mobil. Diyakini mobil yang komponennya 80 persen lokal dan 20 persen impor itu akan dapat bersaing di pasaran.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger