Minggu, 08 Januari 2012

Jateng Siap Menerapkan Pembatasan BBM

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap melaksanakan kebijakan pemerintah pusat tentang pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang rencananya mulai diterapkan pada 1 April 2012.

"Saat ini kami masih menunggu mekanisme pelaksanaan pembatasan tersebut," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah Teguh Dwi Paryono di Semarang, Ahad (8/1).

Menurut dia, sebelum menerima petunjuk teknis pelaksanaan kebijakan tersebut, pemerintah provinsi belum bisa melakukan perhitungan tentang perkiraan jumlah kendaraan dan konsumsi bahan bakar yang bisa dihemat.

Ia menjelaskan, petunjuk teknis tersebut berupa mekanisme pelaksanaan pembatasan, jenis kendaraan, kesiapan sarana-prasarana, dan sebagainya.

"Pembatasan untuk kendaraan jenis apa saja, sementara mobil pelat merah dan kendaraan umum juga dibatasi atau tidak," katanya.

Secara umum, lanjut dia, Jawa Tengah mendukung rencana pembatasan tersebut, mengingat konsumsi BBM bersubsidi provinsi ini pada 2011 lalu melebihi kuota yang ditetapkan.

"Konsumsi BBM bersubsidi Jawa Tengah pada 2011 lalu kelebihan sekitar empat persen dari kuota yang ditetapkan," katanya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, pengaturan BBM bersubsidi akan dilakukan di Pulau Jawa dan Bali mulai 1 April 2012.

Premium bersubsidi hanya akan didistribusikan untuk angkutan umum, pelayanan umum, dan sepeda motor.

Agus mengatakan, pemerintah harus mulai mengumumkan soal pembatasan premium, karena mobil-mobil pribadi tidak bisa lagi menggunakannya, tapi harus memakai pertamax dan sejenisnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger