Rabu, 25 Januari 2012

Inilah Tips atau Cara Melakukan Facial Murah Meriah di Rumah


INGIN kulit wajah bersih dan sehat namun tak mau mengeluarkan banyak biaya? Lakukan saja facial sendiri di rumah.
Facial adalah cara terbaik untuk menjaga kulit Anda agar tetap bersinar. Sayangnya, banyak orang yang enggan melakukan ritual ini karena biaya salon yang lumayan mahal.

Nah, untuk menyiasatinya, Anda pun dapat melakukan facial dengan ramuan buatan sendiri, seperti diulas Womansday.

Untuk semua jenis kulit

1. Membuat kulit lebih cerah

Potong pepaya matang dan hilangkan bijinya dari daging buah. Setelah itu, gunakan bagian dalam kulit setelah pepaya selesai dibersihkan. Fokuskan pada garis di sekitar mulut dan mata, leher, serta tangan. Kemudian, biarkan mengering 15-20 menit dan bilaslah dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap dua kali sepekan.

Enzim-enzim dalam pepaya yang terkelupas akan memerbaiki kerusakan akibat sinar matahari, mengurangi bintik-bintik hitam, dan kulit kusam yang membuat tampilan kulit tak sempurna. Dengan rutin dilakukan, maka kulit Anda pun akan terlihat lebih cerah dan halus.


2. Pengelupasan kulit (exfoliating)

Campurkan 1 sdt madu dan 1 sdt minyak zaitun. Secara terpisah, siapkan oatmeal yang dimasak dengan air hangat. Selanjutnya, campurkan madu dan minyak zaitun dengan oatmeal tersebut. Gunakan ramuan tersebut sebagai scrub sambil menggosok lembut di kulit untuk menghilangkan garis-garis halus di kulit terutama di sekitar mata. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat dan keringkan. Gunakan selama dua kali sepekan. Oatmeal akan membantu pengelupasan kulit sementara madu dan minyak zaitun bersifat melembabkan kulit.


3. Mengencangkan kulit

Campurkan 2 sdm yoghurt dengan 1 sdm jus lemon segar. Setelah itu pulaskan di wajah dan leher  yang telah dibersihkan. Biarkan mengering 20-30 menit. Gunakan masker ini 2-3 kali sepekan atau setiap kali Anda membutuhkannya. Selain mengangkat sel kulit mati, masker ini pun akan membantu menghilangkan bintik hitam, bekas jerawat, dan membantu menjaga kebersihan kulit.

Untuk Kulit Kering

1. Membuat kulit rileks

Campurkan 2 sdm madu dengan 1 sdm cuka sari apel atau jus lemon. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan selama 20 menit. Bilaslah dengan air hangat diikuti dengan pembilasan menggunakan air dingin. Gunakan masker ini tiga kali sepekan untuk membuat manfaat maksimal bagi kulit. Madu merupakan antibiotik pelembap alami yang dapat menyembuhkan dan melembapkan sementara cuka sari apel membantu menyeimbangkan pH kulit dan membuatnya rileks

2. Melembapkan kulit

Campurkan oatmeal dan adas untuk membantu melembabkan kulit kering. Blender 1 sdm oatmeal dan sisihkan. Tambahkan biji adas satu buah dan didihkan dengan ½ cangkir air.  Diamkan beberapa menit dan saring airnya agar terpisah dari biji. Setelah itu, campurkan 1 sdm madu, oleskan campuran tersebut ke wajah dan biarkan 20 menit. Bilas dengan air hangat diikuti air dingin. Lakukan teratur 2 kali sepekan untuk hasil maksimal.

3. Mencerahkan kulit

Campurkan 2 sdm krim asam dengan 2 sdm madu dan 1 sdm cuka sari apel atau jus lemon. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin. Masker yang berguna untuk membantu pengelupasan, mencerahkan serta melembabkan kulit, mengecilkan por-pori ini baik digunakan 2 kali sepekan.

Semua Wanita mendambakan kulit wajah yang bersih dan bebas dari jerawat maupun flek hitam. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan facial. Mungkin sebagian besar Wanita rutin melakukan perawatan dengan facial disalon. Tapi sudahkah Anda mencoba melakukan facial sendiri di rumah? Selain murah, persiapannya juga tidak sulit, cocok untuk jenis kulit berminyak, kering dan kombinasi. Cukup luangkan waktu Anda sekitar 25-30 menit.

Pertama-tama Anda perlu mempersiapkan :

- Pembersih Wajah
- Krim untuk pengelupasan (scrub)
- Air hangat dan waslap khusus wajah
- Masker
- Pelembab

Setelah itu Anda dapat mulai melakukan perawatan facial. Berikut caranya :

1. Bersihkan Wajah
Bertujuan mengangkat semua kotoran sebagai langkah awal. Untuk kulit berminyak dan kombinasi, bersihkan dengan foaming cleanser/busa pembersih (soap-free). Untuk kulit kering, pakailah cream cleanser/susu pembersih.

2. Pengelupasan
Dengan menggunakan jari-jari tangan Anda, usapkan krim scrub membentuk gerakan sirkular pada wajah Anda. Konsentrasikan area sekitar hidung dan dahi jika kulit Anda termasuk jenis kombinasi. Basuh wajah sampai bersih mengingat butiran krim scrub cenderung mengeringkan kulit.

3. Penguapan
Isi baskom berukuran sedang dengan air hangat, celupkan waslap khusus untuk wajah, peras lembut lalu tekan-tekan wajah Anda sebanyak 2-3 kali.

4. Gunakan Masker
Jika wajah Anda berminyak, gunakan masker berbahan dasar tanah liat. Kulit kering disarankan untuk menggunakan masker berbentuk hydrating gel atau krim. Kenakan masker selama 10-20 menit (atau sesuai instruksi pada kemasan) dengan menghindari area sekitar mata. Bersihkan dengan air.

Selain menggunakan bahan-bahan masker yang dijual, Anda pun bisa melakukan facial dengan menggunakan masker buah-buahan atau bahan alami.

- Masker Bengkuang Atau Mentimun

Bengkuang sejak dulu dikenal mampu mengatasi flek hitam di wajah. Begitupun dengan mentimun. Anda tinggal memblendernya, lalu lumurkan di wajah agar flek hitam memudar.

Tapi gunakanlah buah-buahan yang masih segar dan kondisinya baik. Sebab bila tak hati-hati,alih-alih menyembuhkan, kulit wajah Anda malah akan gatal-gatal. Jika wajah terlanjur perih dan gatal-gatal, maka yang harus Anda lakukan adalah oleskan tipis-tipis madu asli di wajah selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Lalu basuh wajah dengan air es, tepuk-tepuk perlahan dan merata sampai terasa segar.

Perawatan dengan bengkoang atau mentimun yang diblender, baik bagi Anda yang aktif bekerja di luar ruangan. Efek sari bengkuang atau mentimun yang dingin, akan terasa sejuk di wajah sesaat setelah Anda memakainya.

- Irisan Jeruk Nipis

Bagi Anda yang berusia di atas 40 tahun, irisan jeruk nipis yang merata di kulit wajah & seluruh tubuh mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Diamkan hingga kering, lalu bilaslah dengan air hangat-hangat kuku agar pori-pori terbuka. Setelah itu, bilas kembali dengan air dingin agar pori-pori merapat.

- Teh

Selain jeruk nipis, kandungan antioksidan yang terdapat didalam teh juga baik untuk mencegah penuaan dini. Teh mengandung tanin yang sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari, mengencangkan bibir, merawat kulit wajah, dan menghitamkan rambut.
Caranya ;
~ Inapkan secangkir teh kental (tawar) semalam.
~ Oleskan air teh keseluruh kulit wajah & tubuh.
~ Biarkan kering dengan sendirinya.
~ Bilas dengan air hangat untuk membuka pori kulit, lalu bilas dengan air biasa.

Teh juga bermanfaat untuk menyegarkan mata lelah. Anda tinggal meletakkan sekantong teh celup yang sudah dingin langsung pada kelopak mata. Sambil berbaring, Anda dapat sekaligus melakukan perawatan kulit wajah & mata.

Hindari Toner Wajah

Saat membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih di malam hari atau pagi hari, cukup bilas wajah dengan air bersih biasa. Anda tak memerlukan toner, astringent atau face tonic, karena pemakaiannya justru dapat mengakibatkan kulit wajah bertambah kering. Kecuali jika kulit wajah Anda berminyak.

Jika Anda rajin melakukan facial sendiri di rumah, pastikan selalu kulit wajah Anda sudah lebih dulu dibersihkan. Perlu diingat, penggunaan bahan alami memang hasilnya tak bisa instan seperti yang dilakukan dengan laser atau lainnya di salon. Tapi bila dilakukan secara rutin dan benar, hasilnya tak kalah bersihnya.

5. Berikan Pelembab

Langkah selanjutnya setelah wajah Anda dibersihkan dari masker,bubuhkan pelembap, namun hindari pelembap yang mengandung retinol atau asam, karena dapat mengeksfoliasi kulit secara berlebihan (over-exfoliate).

Selesai sudah facial Anda! Praktis dan murah kan?


Namun sebelum melakukan perawatan wajah, ada baiknya Anda kenali dulu jenis kulit Anda. Pada dasarnya kulit wajah terbagi dalam tiga jenis, yaitu:

Kulit Normal

- Biasanya di daerah T (seperti dahi, hidung dan dagu) memproduksi minyak berlebihan, pori-pori pun lebih besar dari pada bagian wajah lainnya.
- Setelah wajah dibersihkan, kulit pipi akan terasa kencang.
- Kerutan seiring bertambahnya usia akan ada di sekitar mata, dahi, dan bagian atas bibir.
- Kulit mudah terbakar sengatan matahari, sehingga terlihat kemerahan atau kecokelatan.

Kulit Berminyak

- Umumnya memiliki pori-pori besar dan berkomedo.
- Kulit wajah tampak mengkilap serta riasan mudah luntur.
- Kerutan di wajah lebih lambat ketimbang jenis kulit lainnya.

Kulit Kering

- Mudah terkelupas dan terbakar jika terkena sengatan matahari. Di udara dingin mudah teriritasi atau gatal-gatal.
- Daerah T kadang seperti bersisik dan kulit wajah terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.
- Kerutan lebih cepat muncul, bukan hanya pada wajah, tapi juga pada kulit tubuh lainnya.

Kulit Sensitif

- Mudah teriritasi jika kena kosmetik tertentu atau terkena paparan sinar matahari.
- Kulit umumnya kering dan terkesan "tipis" sekali.
- Kulit akan terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.

selamat mencoba!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger