Rabu, 25 Januari 2012

Inilah Tata Nano Mobil Murah Sejagat Bakal Hadir di Indonesia



Tata Nano Mobil Murah Sejagat Bakal Hadir di Indonesia,Produsen mobil murah asal India, Tata Motors, ditenggarai akan segera melebarkan ekspansi ke pasar otomotif Indonesia. Nano 2012 digadang-gadang akan menjadi produk pertama Tata Motors yang akan dirilis di tanah air.

Dilaporkan Motorbeam, Senin 19 Desember 2011, kepastian ekspasi itu diungkapkan oleh orang dalam perusahaan, yang tidak mau disebutkan namanya. Ia mengungkapkan, Tata Motors rencananya akan menggandeng perusahaan lokal di Indonesia dan sudah mencapai kesepakatan bersama.

Masih menurut sumber itu, Tata Motors akan menggunakan cara yang sama dengan Thailand, dimana menggandeng kerja sama dengan Thonburi Automotive Assembly Plant Co Ltd.

Seperti diketahui, pemerintah Thailand saat ini sedang dalam proses finalisasi kebijakan dalam pemberian insentif membangun mobil kecil yang efisien dan hemat bahan bakar. Kebijakan ini langsung mendapatkan respon positif para produsen mobil untuk berinvestasi. Seperti Tata Motors, Suzuki Motor Corporation dan Honda Motor Corporation.

Rencananya Tata memasuki pasar Indonesia melalui jalur kontrak manufaktur. Investasi dengan cara itu dinilai cukup ampuh untuk menekan biaya, dan membuat produknya dengan cepat hadir di Indonesia.

Sebelumnya, Tata Motors telah meluncurkan generasi terbaru dari Tata Nano. Mobil ini diklaim lebih irit dan bertenaga dari generasi lawasnya. Konsumsi bensin Tata Nano 2012 menjadi 25,4 km/liter atau lebih irit 1,8 km/liter dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, tenaganya pun naik dari 35 hp menjadi 38 hp. Dan torsinya naik 3 Nm dari 48 Nm.

Mobil yang memiliki bobot 600 kg ini, memiliki kecepatan maksimal 105 km dan mengeluarkan gas buang emisi 92,7 gr/km. Penyempurnaan lainnyam juga dilakukan dari segi suspensi termasuk memasang anti-roll bar di depan.

Nano 2012 tidak mengalami perubahan harga dari generasi sebelumnya. Harga yang dibanderol masih Rs.1,40 lakhs atau sekitar Rp25 juta (versi terendah) di India.

Tata Nano 2012 menjadi titik awal dari Tata Motors untuk kembali membangun citra yang lebih baik kepada konsumen. Setelah sebelumnya eksistensi mobil murah ini terancam.

Tata Nano dinilai telah mengecewakan konsumennya, karena banyak memiliki kekurangan dan kecacatan dari segi manufaktur. Hal ini menyebabkan Tata Nano terbakar dan membahayakan konsumennya.
Ekspansi produsen mobil murah asal India, Tata Motors, di pasar otomotif tanah air semakin dekat dan segera terwujud. Meski belum dipastikan kapan waktu tepatnya, tapi sinyal itu sudah diberikan oleh Tata Motors.

Langkah ekspansi ini dinilai momen yang tepat, karena Tata Motors baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Tata Nano. Mobil mungil ini digadang-gadang menjadi produk pertama Tata Motors yang akan dihadirkan di Indonesia.

Dilansir Cardekho dan Motorbeam, Selasa 20 Desember 2011, Nano 2012 merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Memang dari segi desain eksterior, mobil ini tidak mengalami perubahan besar dibandingkan generasi lawasnya.

Namun, Tata Motors sengaja memberikan sentuhan warna baru pada interior Nano 2012. Ini dilakukan untuk memberikan kesan mewah dan elegan. Ada tiga warna berbeda dari setiap varian Nana 2012. Warna beige menghiasai kabin Nano LX, warna interior hitam di Nano CX, dan warna graphite di Nano Standard.

Nano 2012 masih dibekali mesin 624 cc. Sedangkan konsumsi bensin Tata Nano 2012 menjadi 25,4 km/liter atau lebih irit 1,8 km/liter dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, tenaganya pun naik dari 35 hp menjadi 38 hp. Dan torsinya naik 3 Nm dari 48 Nm.

Mobil yang memiliki bobot 600 kg ini, memiliki kecepatan maksimal 105 km dan mengeluarkan gas buang emisi 92,7 gr/km. Penyempurnaan lainnya juga dilakukan dari segi suspensi termasuk memasang anti-roll bar di depan.

Di negara asalnya, India, Nano 2012 dibanderol Rs.1,40 lakhs atau sekitar Rp25 juta (versi terendah). Meski merupakan varian baru, mobil ini tidak mengalami perubahan harga dari generasi sebelumnya.

Ada 10 pilihan warna untuk Tata Nano 2012, di mana 8 di antaranya merupakan warna baru. Seperti Pearl White, Rouge Red, Aqua Blue, Neon Rush, Serene White, Meteor Silver, Mojito Green, Papaya Orange, Sunshine Yellow, dan Champagne Gold.

Memang belum dipastikan apakah Tata Nano 2012 dengan spesifikasi ini yang akan dihadirkan di Indonesia. Yang pasti, jika ekspansi itu benar terwujud, Tata Motors tentunya akan menyiapkan produk andalannya agar bisa bersaing dengan kompetitor lainnya, terutama produsen asal Jepang, Amerika Sekitat, Eropa, Korea Selatan, dan China.

Sebelumnya, kepastian perihal ekspansi Tata Motors di Indonesia diutarakan oleh orang dalam perusahaan, yang tidak mau disebutkan namanya. Ia mengungkapkan, Tata Motors rencananya akan menggandeng perusahaan lokal di Indonesia dan sudah mencapai kesepakatan bersama.

Sekedar diketahui, Tata Nano dinilai telah mengecewakan konsumennya di India, karena banyak memiliki kekurangan dan kecacatan dari segi manufaktur. Hal ini menyebabkan Tata Nano terbakar dan membahayakan konsumennya.

Sumber: (http://otomotif.vivanews.com)

2 komentar:

  1. daripada esemka mahal,katanya sih esemka tuk rakyat tapi harganya minta ampun contoh tuh india

    BalasHapus
  2. g tw jg ne pemerintah, kt.a bet rakyat tpi mahal y..???
    munkin krn mobil.a msih bru n pertma buatn Indonesia sendri
    jd.a apresiasi untuk itu agk tinggi:)

    BalasHapus

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger