Rabu, 25 Januari 2012

Inilah Pesona dan Aroma Mistis Lawang Sewu Semarang



Pernyataan masyarakat tentang kemistisan bangunan bersejarah di Kota Semarang, Lawang Sewu sering kali dibesar-besarkan.
"Kehororan Lawang Sewu ini terlalu dibesar-besarkan. Banyak acara di televisi atau film-film bercerita tentang Lawang Sewu yang sangat angker. Padahal, bangunan ini biasa-biasa saja, banyak para pengunjung yang ke Lawang Sewu juga tidak pernah mengalami pengalaman-pengalaman mengerikan," ujar pemandu wisatawan di Lawang Sewu, Ari, kepada okezone, Kamis (13/10/2011).

"Memang 'ada', sosok lembut di bangunan ini, namun itu adalah hal yang umum terjadi sehari-harinya, dan bukan merupakan hal yang mengganggu" tambahnya.


Ketika ditanyakan bentuk dari sosok lembut itu, pemandu wisatawan di bangunan tua ini mengatakan, bentuknya tidak jelas dan sosoknya bergerak secepat kilat.

Kemistisan Lawang Sewu digembar gemborkan masyarakat, lantaran tempat tersebut menjadi tempat penyiksaan para tahanan di era penjajahan Jepang. Jepang dikabarkan membuat seluruh ruangan di Lawang Sewu menjadi sebuah penjara, tempat penyiksaan dan penjagalan.

Terdapat pula ruang bawah tanah yang konon kabarnya merupakan tempat yang cukup mengerikan, dengan atmosfir yang lembab, yang kiranya dapat membuat bulu kuduk Anda berdiri.

Banyak warga setempat yang menolak akan adanya renovasi terhadap bangunan bersejarah Lawang Sewu, di Kota Semarang, Jawa Tengah. Mereka kecewa dengan perenovasian bangunan yang terkenal dengan horor tersebut.

"Banyak yang kecewa kalau Lawang Sewu itu direnovasi. Mereka yang kecewa mengatakan, keorisinalan Lawang Sewu akan hilang kalau bangunan ini direnovasi," ujar pemandu wisatawan di Lawang Sewu, Ari, kepada okezone, Kamis (13/10/2011).

Kekecewaan para masyarakat didasari karena mereka masih suka untuk melihat bangunan itu tampak tua seperti dahulu. Meski demikian, banyak juga warga yang setuju akan pemugaran dan perenovasian bangunan tua itu. Proses renovasi Lawang Sewu juga akan memakan waktu yang cukup lama dan belum dapat dipastikan akan selesai kapan.

Perenovasian Lawang Sewu juga ditujukan agar bangunan tua itu dapat dimanfaatkan sebagai sarana dan prasarana lainnya, terutama untuk kepentingan bisnis.

Pemanfaatan Lawang Sewu juga akan mengurangi wacana-wacana berbau mistis yang sering muncul dalam pembicaraan masyarakat tentang bangunan tua yang konon menjadi tempat jagal narapidana.



Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan zaman belanda yang dibangun pada 1904. Semula gedung ini untuk kantor pusat perusahaan kereta api (trem) penjajah Belanda atau Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS). Gedung tiga lantai bergaya art deco (1850-1940) ini karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag.

Bangunan yang terletak di bagian timur Tugu Muda Semarang ini dikabarkan sempat ditempati oleh Jepang pada masa penjajahan di Indonesia. Jepang pun menyulap Lawang Sewu menjadi sebuah tempat penyiksaan dan penjagalan para tahanan.

Bangunan ini dinamakan Lawang Sewu (Seribu Pintu) karena memiliki pintu yang cukup banyak, meski demikian pintu di bangunan tua itu tidak mencapai 1.000 buah. Bangunan ini juga memiliki jendela tinggi dan lebar, serta berjumlah banyak.

Salah satu bangunan bersejarah yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah, Lawang Sewu, saat ini sedang menjalani proses renovasinya. Namun, ada kemungkinan bangunan bersejarah tersebut akan berubah menjadi sebuah obyek wisata sekaligus perkantoran.

"Kemungkinan tempat ini jadi perkantoran, pusat perbisnisan, dan juga tempat wisata. Ini masih rencana dan kami juga belum tahu, bagian mana yang akan dijadikan kantor dan pariwisata," ujar pemandu wisatawan di Lawang Sewu, Ari, kepada okezone, Kamis (13/10/2011).

Tempat bersejarah itu pun saat ini sedang direnovasi mengingat usianya yang sudah sangat tua. Dinas Pariwisata menjadi pihak yang bertanggung jawab dalam perenovasian bangunan yang ada di Kota Semarang tersebut.

Proses renovasi Lawang Sewu juga akan memakan waktu yang cukup lama dan belum dapat dipastikan akan selesai kapan. Selain bangunan, renovasi juga akan dilakukan pada saluran air yang ada di Lawang Sewu. Aliran air dikabarkan tidak mengalir di seluruh bangunan tua tersebut.

Lawang sewu juga merupakan tempat yang sejak dulu dianggap sebagai tempat yang berbau mistis di Tanah Air. Tetapi justru inilah yang menjadi daya tarik masyarakat Indonesia terhadap bangunan tersebut.


Menurut Undang-Undang Cagar Budaya, gedung yang berusia lebih dari 1 abad ini boleh dimanfaatkan, selama bentuknya tidak diubah.

Lawang Sewu merupakan sebuah bangunan kuno peninggalan jaman belanda yang dibangun pada 1904. Semula gedung ini untuk kantor pusat perusahaan kereta api (trem) penjajah Belanda atau Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij (NIS). Gedung tiga lantai bergaya art deco (1850-1940) ini karya arsitek Belanda ternama, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Lawang Sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda. Disebut Lawang Sewu (Seribu Pintu), ini dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataannya, pintu yang ada tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu.

Setelah cukup lama lawang sewu seperti tak terurus, akhirnya Lawang Sewu dilakukan pemugaran yang memakan waktu cukup lama, akhirnya selesai pada akhir Juni 2011 dan kembali dibuka untuk umum setelah pada tanggal 5 Juli 2011 diresmikan oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono dan dilanjutkan dengan event Pameran Kriya Unggulan Nusantara yang menampilkan produk produk tradisional dari seluruh Nusantara.

Sumber: (okezone.com)

2 komentar:

  1. Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

    BalasHapus

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger