Rabu, 25 Januari 2012

Inilah Manfaat kopi untuk kecantikan dan Kesehatan Tubuh Manusia


Pada mulanya kopi ditanam oleh orang belanda di indonesia. Penanaman kopi tersebut pertama kali dilakukan sekitar daerah batavia (Jakarta), Sukabumi dan Bogor. Penanaman kopi tersebut merambat ke beberapa daerah lainnya seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatra, Sulawesi dan lain sebagainya. Karena indonesia mempunyai iklim dengan letak geografisnya yang sangatlah cocok bagi tanaman kopi.

Kopi hadir dengan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Secangkir kopi dapat pula menambah semangat dan membuat mata menjadi melek waktu bekerja atau yang lainnya. Banyak perempuan juga menggunakan kopi sebagai bahan untuk kecantikan. Seperti Hawaii, Bali, dan Amerika Selatan selama bertahun-tahun telah mengenal manfaat kopi dan menggunakannya untuk perawatan kecantikan mereka. Hal ini disebabkan dalam penelitian kandungan yang terdapat pada kopi sangat baik untuk kulit.



Seperti bubuk kopi dapat dipergunakan sebagai bahan dalam sejumlah scrub. Kopi juga dinikmati untuk spa di salon-salon kecantikan sekarang ini dengan aroma kopi yang sangat istimewa. Adapula resep yang membantu anda dalam memudahkan membuat produk kecantikan sendiri dirumah. Dibalik semua itu masih banyak manfaat yang lainnya. Ada juga yng memanfaatkan kopi untuk sebagai pembasmi selulit. Selulit adalah gumpalan lemak yang menyembul dari jaringan ikat yang seharusnya menyelubunginya. Biasanya lemak berada di bawah jaringan ikat tersebut, tetapi karena suatu penyebab, jaringan menjadi agak longgar dan lemak menyembul. Akibatnya ada tampilan kurang indah yang menghiasi tubuh Anda.

Ada juga yang menggunakan kopi untuk krim kulit. Dan bahan kafein yang terkandung dalam kopi dapat memberikan efek kulit menjadi lembut. Kafein juga dapat bertindak selaku vasorestrictor yang berarti mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah. Proses ini dapat secara efektif mengurangi munculnya varises. Dalam penelitian banyak manfaat yang terkandung untuk kulit dan dapat menghidupkan kulit agar tak terlihat kusam. Adapula yang menggunakan kopi sebagai penghilang bau amis dari ikan, bau bawang putih dan lainnya dengan cara menggosok-gosokkannya pada tangan Anda.

Manfaat Untuk Wajah :
- Menetralkan kulit yang teriritasi
- Memberi nutrisi dalam kulit
- Menghilangkan bekas jerawat, plek, dan noda hitam pada wajah
- Mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki jaringan kulit rusak.

Selain itu kopi juga bisa mencegah penyakit saraf. Peminum kopi berkafein cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer.Melindungi gigi. Kopi yang mengandung kaein memiliki kemampuan antibakteri dan antilengket, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang menggerogoti lapisan gigi. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dapat mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya. Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker dan kerusakan DNA.

Menurunkan risiko kanker payudara. Menjelang masa menopause, wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38 persen, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor. Namun konsumsi kurang dari 4 cangkir tidak akan mendapatkan manfaat ini.

Mencegah batu empedu. Batu empedu tumbuh ketika lendir di dalam kantong empedu memerangkap kristal-kristal kolesterol. Xanthine, yang ditemukan di dalam kafein, akan mengurangi lendir dan risiko penyimpanannya. Dua cangkir kopi atau lebih setiap hari akan membantu proses ini.

Melindungi kulit. Konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dapat membantu menurunkan risiko kanker kulit nonmelanoma hingga 17 persen. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

Mencegah diabetes. Orang yang mengonsumsi 3-4 cangkir kopi reguler atau kopi decaf (dengan kadar kafein yang dikurangi) akan menurunkan risiko mengembangkan diabetes tipe II hingga 30 persen. Asam klorogenik dapat membantu mencegah resistensi insulin, yang merupakan pertanda adanya penyakit ini.

Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).

Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.

Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.

EFEK KOPI BAGI TUBUH

Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah efek ketergantungan.

Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.

Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.

Aman konsumsi kopi

Minum kopi dalam jumlah yang cukup atau sedang tidak akan membahayakan, bahkan akan bermanfaat bagi kesehatan.


Jumlah yang boleh dikonsumsi adalah 300 mg kafein atau setara dengan 3 cangkir kopi perhari. Kecanduan terhadap kafein diperkirakan jika mengkonsumsi lebih dari 600 mg kafein atau setara dengan 5-6 cangkir kopi perhari selama 8-15 hari berturut-turut.

Sedangkan dosis yang dapat berakibat fatal bagi manusia adalah sekitar 10 gram kafein atau 20-50 cangkir perhari.

Minum Kopi di Malam Hari Bisa Bikin Mimpi Aneh-aneh

Mimpi terdiri dari berbagai ide, emosi, sensasi atau gambar yang terjadi tanpa sengaja dalam pikiran saat orang tidur. Dan tahukah Anda, minum kopi di malam hari terutama mendekati waktu tidur bisa membuat orang bermimpi aneh-aneh. Mengapa demikian?

Kebanyakan orang dewasa memiliki setidaknya 4-6 mimpi per malam, menurut studi mimpi yang dilakukan University of California’s Quantitative. Mimpi umumnya terjadi selama fase gerakan mata cepat tidur (rapid eye movement atau REM), tetapi juga mungkin terjadi dalam satu atau dua jam sebelum Anda bangun.

Penelitian kecil telah dilakukan untuk mengetahui bagaimana kafein mempengaruhi tidur. Telah diketahui bahwa kafein pada kopi dapat menghambat reseptor adenosin di otak. Adenosine adalah zat yang membuat orang merasa mengantuk atau lelah.

Kafein juga mempercepat fungsi sistem saraf pusat, yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung sehingg membuat orang merasa lebih berenergi.

Kedua efek tersebut tidak hanya membuat orang lebih sulit untuk tertidur, tetapi juga dapat mengurangi jumlah tidur nyenyak yang didapatkan ketika tertidur. Kurangnya waktu tidur nyenyak dapat meningkatkan waktu yang dihabiskan dalam tahap lain dari tidur, yang kemungkinan membuat orang lebih sering bermimpi, seperti dilansir dari Livestrong, Sabtu (17/9/2011).

Efek kafein biasanya dimulai dalam waktu 30 menit setelah dikonsumsi hingga bertahan selama 14 jam, menurut American Academy of Sleep Medicine. Untuk mencegah kafein mengganggu tidur Anda, hindari mengonsumsi kafein terlalu dekat dengan waktu tidur.

Semakin banyak kafein yang Anda konsumsi, semakin besar kemungkinan Anda mengalami masalah tidur. Umumnya, kebanyakan orang dapat mengonsumsi sekitar 200 miligram kafein sepanjang hari tanpa mengalami efek samping, menurut MayoClinic.com.

Selain mengonsumi kafein di malam hari, mimpi juga dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor lainnya. Stres, emosi yang kuat, obat, penyakit, alkohol, makanan atau minuman adalah beberapa hal yang juga bisa mempengaruhi mimpi.

Wasir atau ambeien adalah kondisi yang menyakitkan dan menimbulkan ketidaknyamanan. Tapi dengan membatasi konsumsi kafein bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman dari wasir.

Beberapa kasus wasir yang ringan bisa diobati tanpa perlu operasi yaitu dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup tertentu, meskipun pada kasus parah yang bisa menghambat aktivitas biasanya diatasi melalui proses pembedahan.

Penderita wasir sebaiknya membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein karena bisa memperburuk rasa sakit dan ketidaknyamanan yang timbul, seperti dikutip dari Livestrong, Senin (12/9/2011).

Hal ini karena kafein adalah stimulan yang bisa memicu terjadinya sembelit atau bahkan diare. Jika mengonsumsi kafein dalam jumlah besar maka wasir akan lebih sulit untuk diobati dan menjadi lebih sering teriritasi.

Beberapa minuman diketahui bisa menjadi sumber kafein seperti kopi, teh dan juga soda, sedangkan untuk makanan biasanya terkandung dalam cokelat. Jika ingin mengonsumsinya cobalah pilih yang tidak mengandung kafein.

Sementara itu peneliti dari University of Maryland Medical Center melaporkan minum banyak air bisa membantu mengurangi gejala dari wasir, serta memperbanyak asupan serat dari biji-bijian, kacang-kacangan, buah dan sayur.

Wasir terjadi ketika pembuluh darah dari anus dan rektum menjadi bengkak sehingga menimbulkan sakit ketika bergesekan dengan sesuatu. Wasir ada yang berada di dalam tubuh dan biasanya tidak menimbulkan gejala, tapi ada juga yang di luar anus dan menyebabkan nyeri serta gatal-gatal.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu wasir seperti kehamilan, sembelit kronis, diare kronis, obesitas dan mengonsumsi rendah serat, tapi ada juga yang tidak diketahui penyebabnya.

Sebagian besar orang sangat tergantung dengan secangkir kopi untuk memulai hari. Padahal yang bisa membangkitkan semangat di pagi hari bukanlah kopi, tapi apa yang ada di dalam pikiran.

Para peneliti Inggris melakukan studi untuk mengetahui benarkah secangkir kopi bisa membuat seseorang lebih semangat di pagi hari. Ternyata diketahui bahwa pikiran memberikan pengaruh yang lebih besar dibanding secangkir kopi.

Dalam studi ini peneliti memberikan kopi tidak berkafein tanpa sepengetahuan partisipan, lalu dilakukan serangkaian tes yang dirancang untuk mengukur kinerja mental, waktu reaksi dan suasana hati.

Diketahui partisipan yang menerima kopi tanpa kafein memiliki peningkatan yang signifikan dalam kinerja dan juga suasana hatinya. Hal ini tak jauh berbeda dengan partisipan yang mengonsumsi kopi berkafein.

Hasil ini menunjukkan bahwa bukan secangkir kopi yang bisa meningkatkan semangat di pagi hari, melainkan apa yang ada dipikiran seseorang. Karena seseorang akan berpikir semangatnya muncul setelah minum kopi, terlepas dari apakah kopi tersebut berkafein atau tidak.

Hal lain yang dipercaya oleh para partisipan adalah kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan dan bisa bekerja pada otak untuk memerangi rasa kantuk dan juga kelelahan, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (6/9/2011).

Studi ini dilakukan oleh tim dari University of East London yang melibatkan 88 partisipan berusia 18-47 tahun yang merupakan pecinta kopi dan mengonsumsinya minimal 2 kali sehari. Hasil studi ini juga telah diterbitkan dalam jurnal Appetite.

Untuk menghindari kecanduan kopi, tak ada salahnya mengurangi jumlah kafein yang dikonsumsi. Jika terbiasa minum kopi saat pagi hari, maka mulailah menanamkan pemikiran positif untuk membangkitkan semangat.

2 komentar:

  1. nice info gan..
    ternyata ada manfaat nya ane minum kopi tiap hari..
    :D

    BalasHapus
  2. hehee
    ia walaupun byk manfaat.a gan,, tp kadang bisa bikin bwrna gigi kita jika keseringan minum.a

    BalasHapus

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger