Selasa, 10 Januari 2012

Inilah 5 Stadion Sepakbola Istimewa di Dunia

Olahraga sepakbola yang awalnya dimainkan oleh kaum miskin di Inggris, kini sudah menjelma menjadi industri yang menghasilkan jutaan dollar. Saat ini masyarakat dari segala lapisan tidak hanya menonton pertandingan sepakbola, akan tetapi juga berpartisipasi dalam mega industri ini. Populernya olahraga ini berakibat munculnya investasi besar dalam pembangunan sarana dan prasarananya. Salah satunya adalah stadion. Berikut adalah 5 stadion sepakbola istimewa saat ini:

1. Soccer City, Johannesburg, Afrika Selatan
Stadion ini terpilih sebagai penyelenggara pembukaan Piala Dunia 2010 yang lalu. Dengan kapasitas 94,700 penonton, stadion yang dikenal dengan sebutan Soccer City ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, yaitu sebagai lokasi pidato pertama Nelson Mandela sejak bebas dari tahanan.

Soccer City Stadium (Sumber: Web)

2. Estadio do Maracana, Rio De Janeiro, Brazil
Stadion terbesar di Brazil ini adalah lokasi final Piala Dunia tahun 1950. Namun sayangnya stadion ini tidak membawa keberuntungan bagi tim nasional Brazil yang saat itu berlaga di babak final menghadapi Uruguay, mereka kalah pada saat itu. Stadion ini saat ini sedang direnovasi untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2014, dan diharapkan nantinya berdaya tampung 75,000 penonton.

Estadio do Maracana (Sumber: Web)

3. International Stadium Yokohama, Jepang
Stadion yang menjadi lokasi penyelenggaraan final Piala Dunia tahun 2002 ini menjadi saksi tim nasional Brazil merebut Piala Dunia untuk kelima kalinya. Dengan kapasitas 72, 327 tempat duduk, stadion ini adalah yang terbesar seantero Jepang.

International Stadium Yokohama (Sumber: Web)

4. Stade de France, Perancis
Stadion yang juga digunakan untuk pertandingan rugby ini memiliki kapasitas 80,000 tempat duduk. Lokasi final Piala Dunia 1998 ini juga merupakan stadion terbesar kelima di eropa. Di stadion ini, untuk pertama kalinya Perancis meraih gelar Piala Dunia. Selain itu, Stade de France juga menjadi ajang final Piala Dunia Rugby.

Stade de France (Sumber: Web)

5. San Siro, Milan, Italy
San Siro adalah salah satu stadion tertua di dunia. Stadion yang sudah berulang kali direnovasi ini merupakan base dua klub papan atas eropa, yaitu AC Milan dan Inter Milan. San Siro memiliki kapasitas 85.000 tempat duduk. Stadion ini juga dilengkapi dengan museum memorabilia.




San Siro (Sumber: Web)


Sumber: (Top10list)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger