Minggu, 08 Januari 2012

Ini 4 Kebiasaan Pemicu Kematian Dini

Pola hidup sehat dan menjalani diet sehat selama ini diyakini sebagai cara efektif untuk menjaga kesehatan. Tapi ada empat kebiasaan yang harus dihindari karena akan mempercepat penuaan dan memicu kematian.

Menurut hasil studi yang dilakukan sekelompok peneliti Norwegia, empat kebiasaan tak sehat yang harus dihindari itu meliputi merokok, kurang olahraga, diet tak sehat dan mengonsumsi alkohol berlebihan.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, tim peneliti melibatkan 4.886 partisipan berusia 18 tahun atau lebih, yang dilakukan wawancara pada periode 1984-1985.

Elisabeth Kvaavik dari University of Oslo bersama koleganya mengatakan, berdasarkan perhitungan kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko kematian dini selain merokok adalah mengonsumsi buah dan sayuran kurang dari tiga kali sehari, beraktivitas fisik kurang dari dua jam per pekan, konsumsi alkohol lebih dari 112 gram per pekan untuk wanita dan lebih dari 168 gram untuk pria.  

Setelah dilakukan pengamatan rata-rata selama 20 tahun, terdapat 1.080 kematian di antara partisipan studi: 431 akibat penyakit kardiovaskular, 318 karena kanker dan 331 disebabkan oleh penyakit lain.

Dibandingkan dengan mereka yang tak melakukan kebiasaan tak sehat, orang-orang yang melakukan keempat kebiasaan tak sehat itu akan tiga kali lebih tinggi kemungkinan meninggal akibat penyakit kardiovaskular atau kanker, empat kali lipat kemungkinan meninggal karena penyebab lain, dan seluruh risiko kematian itu setara dengan mengalami penuaan 12 tahun.     

Untuk itu, mulai sekarang biasakan menjalani kebiasaan gaya hidup yang sehat meski belum mampu melakukan sepenuhnya, tapi ada niat dalam hati untuk melupakan semua pola hidup dan diet tak sehat demi mencapai kualitas hidup yang lebih baik, tak hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi masyarakat secara umum.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger