Senin, 02 Januari 2012

Gorbachev Malu dengan Sikap Putin

Mikhail Gorbachev mengatakan malu dengan sikap Vladimir Putin. Selain itu, ia juga menganggap karir Dmitry Medvedev selesai dengan menolakan untuk menemukan kesalahan pada pemungutan suara Rusia yang dinodai kecurangan.

Pernyataan itu dikemukan pemimpin terakhir Uni Soviet itu di Moskow, Jumat (23/12). Gorbachev juga sempat memberi teguran dalam wawancara dengan surat kabar oposisi Novaya Gazeta pada malam menjelang protes baru terkait pemilu 4 Desember lalu.

"Ini memalukan. Dan memalukan. Saya, misalnya, malu," kata Gorbachev menunjuk pada penampilan televisi pada pekan lalu di mana Putin membandingkan pita putih yang dikenakan para pemrotes dengan kondom.

"Saya merasa terikat dengan Putin dalam artian bahwa pada awalnya, ketika dia naik ke tampuk kekuasaan, saya dengan aktif mendukungnya di mana-mana -- baik di sini maupun di luar negeri. Dan kini lihat."

Mantan agen KGB Putin dan Medvedev -- diduga berkecenderungan lebih liberal ketika dia menggantikan mentornya sebagai presiden pada 2008 -- keduanya telah menolak dugaan kecurangan dan menghubungkan protes-protes itu dengan dana gelap dari Barat.

Pemungutan suara tersebut memperlihatkan partai berkuasa United Russia secara tipis mempertahankan mayoritasnya meskipun dugaan kecurangan pemungutan suara yang meluas di Moskow dan isian pemberian suara di seluruh wilayah Rusia.

Apa yang disebut "penguasa tandem" itu bermaksud hendak menukar tugas sesudah pemilu presiden Maret dengan pengaturan di mana Medvedev akan menjadi perdana menteri Putin.

Namun, Gorbachev mengatakan Medvedev telah kehilangan kredibilitasnya sebagai seorang politisi dengan menolak mempertanyakan hasil pemilu tersebut.

"Dia mengatakan bahwa dia tidak punya keluhan atau keraguan terhadap pemilu tersebut. Dan dengan itu, Dmitry Anatolyevich saya rasa menarik tirai pada karirnya," kata pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 1990 itu.

Sumber: (metrotvnews)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger