Minggu, 08 Januari 2012

Denny Indrayana: Pemberantasan Korupsi Indonesia Terbaik di Asia

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana mengklaim, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir usaha pemberantasan korupsi di Indonesia masih lebih baik dibanding negara-negara lain di Asia.

"Indonesia masih lebih baik dalam upaya pemberantasan korupsi, bahkan rapor kita masih yang terbaik di Asia. Tetapi kalau dikatakan masih banyak masalah korupsi di Indonesia, ya saya tidak membantah itu," kata Denny di Medan, Sabtu (7/1), usai peringatan Milad Universitas Islam Sumatera Utara ke-60.

Ia membantah adanya anggapan pemberantasan korupsi di Indonesia tidak mengalami kemajuan atau terkesan jalan di tempat. Ia menilai pemberantasan korupsi di Tanah Air semakin meningkat bahkan paling tinggi di Asia.

Denny menyebutkan, dalam beberapa tahun terakhir sudah banyak regulasi antikorupsi. Indonesia juga memiliki beberapa lembaga antikorupsi yang semuanya menguatkan regulasi pemberantasan maupun pencegahan korupsi.

"Dari tahun 2004 hingga 2011, Indonesia lima kali lebih baik dalam ikhtiar pemberantasan korupsi dibanding China. Meski demikian kita akan terus berusaha lebih baik lagi," kata Denny.

Menurut dia, ada beberapa argumen yang dapat dijadikan landasan mengapa upaya pemberantasan korupsi di Indonesia cukup tinggi dalam beberapa tahun, salah satunya dapat dilihat dari iklim demokrasi yang terus semakin membaik.

Demikian juga kebebasan pers semakin baik. Dengan semakin membaiknya kebebasan pers semakin banyak pula pemberantasan korupsi yang terpublikasikan. Hal ini tidak didapati sebelum era reformasi.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger