Senin, 16 Januari 2012

Anjing Punya Kaki Antibeku

Kaki anjing memiliki sel darah yang membuat tahan pada keadaan dingin. Baru-baru ini seorang ilmuwan Jepang memberikan keterangan terkait kemampuan anjing bertahan hingga suhu rendah. Penelitian baru yang masuk dalam Journal Veterinary Dermatology menjelaskan mengapa anjing bisa bertahan tanpa kedinginan hingga suhu -35 derajat Celcius.

Jaringan otot pada kaki anjing mengandung jaringan lemak yang cukup banyak. Lemak ini berfungsi untuk menjaga agar jaringan lain tidak mudah membeku. Selain itu pembuluh darah pada kaki anjing diatur dengan cara yang memungkinkan mereka melakukan gerakan yang membakar lemak pada sekaligus menghantarkan panas keseluruh tubuh: arteri di kaki yang sangat dekat dengan jaringan pembuluh darah kecil (venula). Jaringan ini akan mentransfer panas dari pembuluh darah vena ke arteri.

Ketika telapak kaki anjing menginjak tanah yang beku, panas yang dihasilkan oleh arteri yang tersimpan pada kuku anjing ditransfer ke venula. Ini membantu menjaga kuku rusak pada suhu rendah. Venula juga berfungsi untuk menghangatkan darah yang mengalir kembali ke tubuh. Ini membantu menjaga suhu tubuh anjing tetap nyaman meskipun pada suhu rendah.

Sumber: (huffintonpost.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger