Kamis, 22 Desember 2011

Tips Aman Naik Angkot Bagi Wanita

 ---Kejahatan tidak hanya disebabkan oleh niat, tapi juga karena kita ngasih kesempatan sama kejahatan untuk menghampiri kita. Wapadalah, waspadalah!
Begitulah jargon yang sering kita dengar saat Bang Napi mengakhiri bacotannya dari balik jeruji besi.

Tips Aman Naik Angkot Bagi WanitaSalah satu bentuk kejahatan yang sekarang lagi ngetrend adalah kejahatan di dalam angkot. Sepertinya pemeritah terlihat amat kewalahan mengatahi dan menjaga keamanan warganya saat menggunakan tranfortasi umum ini. Belum selesai kasus yang satu, sudah ada kasus baru yang terjadi. Mungkin sekaranglah kita mulai berpikir, jangan terlalu menggantungkan keamanan diri kita dari petugas yang diberi wewenang untuk menujaga keamanan masyarakat seperti polisi, yang jumlahnya amat sangat tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia. Jumlah itupun belum dikurangi dengan istilah "Oknum" yang terkadang bukan menjaga keamanan, tapi membekingi kejahatan.

Untuk itu Polda Metro Jaya melalui situs TMCMetro.com memberikan tips aman naik angkot, khususnya bagi wanita agar terhindar dari kejahatan di angkutan umum.
  • Hindari memakai dan memperlihatkan barang berharga di depan umum (perhiasan, HP dan lain-lain)
  • Pakailah baju yang sopan dan tertutup
  • Selektif dalam memilih angkot (pilih angkot dengan kaca bening, sopir berseragam, ada ID Card dan lampu penerangan di dalam)
  • Pastikan anda mengetahui no. trayek dan tujuannya
  • Hindari tidur di dalam angkot, hindari menerima makanan/minuman dari orang lain yang baru anda kenal dan tetap waspada terhadap penumpang lain (bila ada tanda-tanda mencurigakan, lebih baik anda segera turun di tempat yang aman)
  • Selalu ingat, bila perlu disimpan dalam kotak HP/dicatat nomor-nomor penting yang bisa dihubungi pada saat darurat.
  • Lebih baik ada seorang teman yang mendampingi anda saat naik angkutan kota (khususnya pada malam hari).
Selain itu, jika penumpang mendapati kejadian/tindakan kejahatan (melanggar hukum/melakukan tindak pidana), kami berharap dapat segera melaporkan kepada kepolisian terdekat atau menghubungi TMC Polda Metro Jaya di nomor (021) 5276001 dan SMS: 1717.

Moga dengan tips Tips Aman Naik Angkot Bagi Wanita ini sedikit banyaknya akan mengurangi tindak kejahatan yang terjadi di dalam angkot. Sekaligus membantu petugas dalam menciptakan situasi aman saat naik angkot.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger