Kamis, 22 Desember 2011

Setting Privacy Counter Histats

Mungkin pada sebagian sobat blogger lain yang kebetulan juga menggunakan counter histats bisa memiliki pendapat tersendiri tentang settingan privacy-nya. Namun tidak ada salahnya ini saya share mengingat ada beberapa sebab yang mengharuskan kita memperhatikan sisi privacy dari sebuah counter stats.


Penggunaan Counter Histats
Untuk blog yang ada di blogspot, sebenarnya untuk urusan hitungan-hitungan statistik data kunjungan ke suatu blog sudah diakomodasi dengan baik oleh Google Analytics. Tingkat keakurasiannya pun cukup tinggi. Sayangnya, google analytics ini tidak bisa publik. Yang bisa melihat data tersebut hanya kita sendiri sebagai pemilik akun. Tentunya ini menyulitkan manakala data tersebut diperlukan oleh pihak luar seperti advertiser sebagai bahan pertimbangan saat ingin meletakkan iklan di blog kita. Dan dari semua layanan counter stats gratisan yang ada, saya lebih memilih histats. Selain karena sudah terpasang sejak blog Iskaruji dot com ini ada berbarengan dengan google analytics, data yang dihasilkannya juga tidak melenceng banget dari google analytics.

Setting Privacy Counter Histats
Walaupun data histats memang di peruntukkan untuk publik, ternyata penting juga untuk sedikit melakukan settingan atau pengaturan privacy counter histats. Ini baru saya sadari setelah menemukan sebuah blog yang menulis konten berdasarkan keyword populer Iskaruji dot com yang di refer oleh search engine. Selain karena host sendiri yang bisa personalisasi plugin SEO, juga cara penulisan ulangnya terhadap konten yang populer mantab banget. Hasilnya, trafik blog yang bersangkutan gak jauh beda dengan blog ini walaupun umurnya baru 3 bulan lebih. Hanya berdasarkan pemikiran sendiri, mungkinkah ia melihat data tersebut dari counter histats?

Dan berikut adalah bentuk Setting Privacy Counter Histats yang mungkin bisa sobat coba. Pada website url di akun histats, pilih/klik icon gembok dan setting seperti pada screenshoot dibawah, lalu save.
Setting Privacy Counter Histats
Dan data-data berikut sepertinya aman-aman saja di share publik. Setidaknya itu bisa menjadi bahan pertimbangan advertiser kepada blog kita. Berikut data yang di share publik:
  1. Daily stats
  2. Monthly stats
  3. Last 120 days
  4. Traffic Sources Referring Sites
  5. Browsers/os/lang
  6. Geolocation
Sumber: (http://www.iskaruji.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger