Senin, 26 Desember 2011

Petunjuk Pemakaian Mesin Gerinda (bagian I)

Mesin Gerinda pada pekerjaan teknik sangatlah fital dalam penggunaaannya. Baik pada otomotif, bubut maupun las. Tanpa adanya keberadaan Mesin Gerindapekerjaan seperti diatas akan terhambat dalam penyelesaiannya. Untuk itu bagi seorang teknisi sangatlah penting
mengetahui bagaimana cara menggunakan mesin gerinda yang sesuai dengan keselamatan kerja (mengurangi seminimal mungkin kecelakaan kerja yang ditimbulkan)



Dalam artikel kali ini Bengkel Bangun akan menguraikan petunjuk cara menggunakan mesin gerinda yang baik.

Peringatan Keselamatan Umum


Keselamatan Tempat Kerja

1. Jagalah tempat kerja selalu bersih dan berpenerangan cukup, tempat yang gelap dan berantakan akan mudah mengundang kecelakaan kerja.

2. Jangan mengoperasikan mesin gerinda dalam atmosfer yang mudah terbakar karena mesin gerinda yang dioperasikan mengandung percikan bunga api.

3. Jauhkan anak-anak dan atau orang lain yang sekiranya dapat memecah konsentrasi.


Keamanan Kelistrikan.

1. Steker mesin listrik harus cocok dengan stop kontak.

2. Hindari sentuhan tubuh dengan benda yang ber arde seperti pipa dan lain sebagainya karena akan menambah resiko sengatan listrik pada tubuh.

3. Hindari mesin gerinda dari hujan, atau basah. Karena akan meningkatkan resiko sengatan listrik

4. Jangan menyalah gunakan kabel seperti mengangkat atau membawa mesin gerinda, mencabut dari stop kontak, dan hindarkan dari minyak, panas dan bagian yang bergerak.

5. Bila menggunakan mesin gerinda di luar ruangan, gunakan kabel ekstensi yang sesuai untuk dipergunakan di luar ruangan.


Keselamatan diri

1. Jaga kewaspadaan, perhatikan pekerjaan dan gunakan akal sehat. Jangan mengoperasikan mesin gerinda dalam keadan lelah atau dalam pengaruh obat bius, alcohol, atau obat. Sekejap saja lalai akan mengakibatkan resiko kecelakaan yang serius.

2. Gunakan alat pelindung diri seperti masker, kaca mata, alas kaki, helm pengaman dan penutup telinga.

3. Cegah pennyalaan yang tidak disengaja dan pastikan sakelar dalam posisi off. Jangan sekali-kali meng on kan sakelar bila belum di sambungkan ke sumber daya (listrik).

4. Lepaskan kunci-kunci penyetel sebeluim mesin gerinda dihidupkan. Kunci yang masih terpasang akan ikut berputar dan akan mengundang kecelakaan.

5. Jangan meraih terlalu jauh dan jaga keseimbangan.

6. Kenakan pakaian yang sesuai, jangan kedodoran, jaga rambut dengan jangkauan mesin gerinda. Pakaina yang kedodoran, rambut maupun perhiasaan akan tersangkun pada bagian yang bergerak.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger