Sabtu, 24 Desember 2011

Penciuman Anjing dapat Mendeteksi Kanker

Metrotvnews.com, Munich: Anjing bukan hanya sahabat yang baik bagi manusia. Anjing juga bisa menjadi alat terbaru bagi para dokter untuk mendeteksi kanker. Seekor anjing dikenal memiliki indera penciuman yang cukup tajam untuk mendeteksi kanker dari nafas seseorang.

Baru-baru ini, penelitian terhadap anjing-anjing dilakukan di Jerman. Selama lebih dari sembilan bulan anjing-anjing tersebut dilatih agar mampu

membedakan nafas yang berasal dari penderita kanker dengan nafas orang sehat. Hasilnya, anjing-anjing tersebut dapat mendeteksi sedikitnya 70 sampel dari total 100 sampel yang diberikan para ilmuwan.

Bagaimana cara mengetahuinya? Menurut para ilmuwan, terdapat senyawa organik volatil yang sangat halus. Senyawa itu akan berubah apabila seseorang menderita kanker. Anjing-anjing tersebut akan merasakan perubahan tersebut melalui hawa nafas yang dihembuskan.

Boleh jadi deteksi dini terhadap penyakit kanker bisa dilakukan dan hasilnya akurat. Sayangnya, anjing-anjing itu tidak bisa mengomunikasikan senyawa biokimia dari aroma nafas yang menderita kanker.

Sumber: (time.com/atica)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger