Minggu, 25 Desember 2011

Peluang Hayom ke Olimpiade Amat Berat

Peluang tunggal putra pelatnas asal Djarum Kudus Dionysius Hayom Rumbaka tampil di Olimpiade London, Inggris, pada 2012, amat berat. Itu terjadi lantaran peringkat dunia Hayom melorot. Hal itu dikatakan Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin, Sabtu (24/12).

Rosimin mengatakan, kalau melihat peringkatnya tentunya sangat berat bagi Hayom Rumbaka tampil di Olimpiade mendatang. Akan tetapi, jika sampai Maret 2012 Hayom bisa mencatat prestasi terbaik pada beberapa turnamen internasional yang diikutinya, tentunya peluang masih terbuka lebar.

Ia menyebutkan, beberapa turnamen bulu tangkis internasional yang dijadikan ajang pengumpulan nilai agar bisa berlaga di Olimpiade mendatang, seperti Malaysia Open, Jepang Open, dan Korea Open (Januari 2012).

"Ketiga turnamen ini memiliki nilai yang tinggi. Kalau Hayom ingin tampil di Olimpiade harus bisa mencapai minimal babak semifinal pada Malaysia, Jepang, dan Korea Open," kata Rosimin.

Setelah itu ada turnamen All England pada Maret 2012, Jerman Open, dan Belanda Open. "Poin All England lebih tinggi dibandingkan turnamen lainnya yang digelar pada Maret tersebut," kata Rosimin.

Hayom saat ini menempati peringkat 31 dunia, turun dari peringkat sebelumnya (23 dunia). Ia menyebutkan, pemain yang berhak tampil pada Olimpiade mendatang adalah kalau satu negara menempatkan empat pemain di peringkat satu hingga empat dunia maka berhak mengirimkan tiga pemain. Kalau menempatkan pemain di delapan besar berhak mengirimkan dua pemain.

"Di luar tersebut hanya berhak mengirimkan satu pemain tunggal ke Olimpiade. Kalau saya melihat peluang terbesar pemain Indonesia untuk tunggal putra ada pada Simon Santoso dan Taufik Hidayat," katanya.

Saat ini Simon Santoso menempati peringkat tujuh dunia, sedangkan Taufik Hidayat menempati peringkat 12 dunia, kemudian Tommy Sugiarto menempati peringkat 17 dunia, Alamsyah Yunus menempati peringkat 30 dunia, sedangkan Andre Kurniawan Tedjono menempati peringkat 61 dunia.

Peringkat lima besar dunia sekarang ini ditempati Lee Chong Wei (Malaysia), Lin Dan (China), Chen Long (China), Peter Hoeg Gade (Denmark), dan Chen Jin (China).

Sumber: (Metrotvnews.com, Semarang)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger