Sabtu, 31 Desember 2011

Pasukan Ethiopia Serang Gerilyawan Al-Shabaab Somalia

Pasukan Ethiopia dan anggota milisi suku menyerang dan memukul mundur gerilyawan Al Shabaab dari Kota Baladwayne, Sabtu (31/12). "Pasukan Ethiopia kini berada di Baladwayne. Anggota Al Shabaab telah lari," kata Osman Farah, warga Baladwyne, kepada Reuters.

Menurut Farah, serangan berlangsung pagi buta. "Kami terbangun akibat suara tembakan pasukan Ethiopia. Mereka menyerang Al Shabbab di pinggiran kota. Kami tak dapat meninggalkan rumah. Kami dapat melihat pasukan Ethiopa dan jendela-jendela kami," terang Farah.

Baladwayne adalah satu kota bisnis dan pertanian yang terletak dekat satu sungai di Somalia tengah, sekitar 45 kilometer dari perbatasan Ethiopia dan 335 km utara Mogadishu. Sudah lama ibu kota daerah Hiiran itu dikuasi kelompok Al Shabbab.

Penduduk setempat mengaku cemas gerilyawan kembali merebut kota andai pasukan Ethiopia pergi. Somalia dilanda anarki sejak para panglima perang menggulingkan diktator militer Mohamed Siad Barre pada 1991.

Juru bicara gerilyawan Sheikh Abdiasis Abu Musab mengemukakan kepada Reuters, pasukan Ehthiopia menyerang para gerilyawan Al Shabaab 20km utara Baladwayne. Ia mengatakan Al Shabaab memukul mundur serdadu-serdadu tiga kali.

Pasukan Ethiopia sebelumnya memasuki Somalia tahun 2009 setelah menghalau kelompok IICU (Islamists Islamic Courtds Union) dari ibu kota Mogadishu.

Pada saat itu sebagian besar rakyat Somalia menentang intervensi itu dan para pengamat mengatakan tindakan itu telah mendorong rakyat bergabung dengan gerilywan. Saat ini, penduduk lokal mengatakan opini publik sebagian besar menentang gerilyawan.

Sejak pasukan Kenya dan pemerntah Somalia, yang didukung kemudian oleh pasukan Ethiopia melancarkan serangan terhadap Al Shabaab,tidak banyak terjadi pertempruan. Beberapa serangan udara menghantam daerah-daerah Somalia Selatan tempat yang masih dikuasai Al Shabaab.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger