Rabu, 07 Desember 2011

Mesin Ketik Sayuti Melik

Menurut catatan sejarah resmi, Sayuti Melik mengetik naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dengan mesin tik milik perwira Jepang, Laksama Maeda. Namun, bukti sejarah menunjukkan hal itu keliru. Naskah Proklamasi sebenarnya diketik dengan mesin tik perwira Angkatan Laut NAZI (Kriegmarine) Jerman, Mayor Dr. Kandeler.

Mesin Tik milik NAZI tersebut sekarang tersimpan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Bagian bawah mesin tik itu bertuliskan bahasa Jerman. Namun, pengunjung museum tidak boleh memegang mesin tik itu sehingga tidak tahu bahwa mesin tik itu bertuliskan Bahasa Jerman.

Mesin tik milik Laksaman Maeda Maero Tadasi sendiri tidak bisa dipakai oleh Sayuti Melik karena berhuruf Kanji. Karena saat merumuskan naskah Proklamasi tanggal 16 Agustus 1945 Mayor Kandeler berada di rumah Maeda, maka ia meminjamkan mesin tiknya untuk dipakai Sayuti Melik mengetik naskah itu.








Mayor Kandeler adalah perwira AL NAZI Jerman yang mendarat di Teluk Jakarta dengan kapal selam U-Boots. Pasukan NAZI itu datang ke Jawa karena terdesak di lautan Eropa dan membangun basis di perkebunan teh Cikopo.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger