Kamis, 29 Desember 2011

Komnas HAM Temukan Tiga Korban Tewas di Sape

Wakil Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Nur Kholis mengungkapkan penyelidikan pihaknya di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), hingga saat ini menemukan ada tiga korban tewas dalam kerusuhan di Pelabuhan Sape, Bima, NTB.

"Hingga malam ini, Komnas HAM melaporkan, tiga orang tewas, dengan dua luka tembak, dan satu peserta aksi meninggal, yang waktunya tak berbeda jauh dengan peristiwa kekerasan itu," katanya, Kamis (29/12).

Namun demikian, kesimpulan itu masih menunggu perkembangan informasi dan bukti dari penyelidikan pihaknya yang masih berlangsung. Termasuk, kunjungan Komnas HAM ke pejabat-pejabat di Bima, NTB. Pihak yang telah dimintai keterangan, sambungnya, adalah Gubernur NTB Zainul Majdi dan Kapolda NTB Brigjen Pol Arif Wachyunadi.

Kepada Gubernur, Komnas HAM menanyakan mengenai solusi konflik yang sudah dan akan ditempuh. Sedangkan kepada Kapolda NTB, pihaknya membahas kebijakan yang ditempuh hingga terjadinya insiden Sape itu.

"Pertemuan dengan gubernur, kami lebih membahas persoalan administratif. Kalau Kapolda, kami mendalami peristiwa sebelum tanggal 19 hingga 24 Desember itu," ujar Nur Kholis.

Ia menambahkan, soal adanya personel yang bertindak diluar prosedur pembubaran aksi, lebih menjadi kewenangan tim investigasi internal Polri.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger