Rabu, 07 Desember 2011

Keunikan Selat Gibraltar

Sekarang saya akan sedikit sharing tentang selat yang satu ini. Ya, selat Gibraltar adalah sebuah selat yang sangat strategis, Baik di bidang ekonomi atau di bidang pertahanan. 
Makanya banyak negara sekitar selat Gibraltar yang memperebutkannya. 
Selat Gibraltar, pada sisi utara adalah Spanyol dan Gibraltar (Eropa), pada sisi selatan adalah Maroko dan Ceuta (sebuah eksklave Spanyol di Afrika Utara). Selat inilah yang memisahkan Laut Tengah dengan Samudera Atlantik.


Berikut adalah foto dari selat Gibraltar.




Perang Dunia ke II dahulu, Inggris menguasai selat ini. Sehingga kapal kapal Jerman yang bergerak dari samudera Atlantik menuju Mediterania (Laut Tengah)terjebak di sini. Bahkan kapal selam Jermanpun tidak bisa melewatinya. Jika kapal selam mengapung, akan terlihat dengan jelas oleh pasukan Inggris. Bila memaksa menyelam, maka mereka akan terjebak dalam arus selat Gibraltar yang sangat deras di bagian bawahnya.

Arus Selat Gibraltar memang sangat besar di bagian bawahnya. Hal ini dikarenakan perbedaan suhu, kadar garam, dan kerapatan air (density)nya. Air laut di laut Tengah memiliki kerapatan dan kadar garam yang lebih tinggi dari air laut yang ada di Samudera Atlantik. Menurut sifatnya, air akan bergerak dari kerapatan tinggi ke daerah dengan kerapatan air yang lebih rendah. Sehingga arus di selat Gibraltar bergerak ke barat, menuju Samudera Atlantik.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger