Rabu, 21 Desember 2011

Fakta-fakta Eksentrik Tentang Kim Jong-IL


Kim Jong-Il memang sudah tiada akibat gagal jantung Sabtu 19 Desember lalu. Pemimpin Korea Utara (Korut) berusia 69 tahun tersebut dikenal memiliki gaya dan kebiasaan yang eksentrik.

Kadang, kebiasaannya tersebut lebih dikenal dibandingkan kepemimpinannya di Korut. Seperti dikutip ABC News, Selasa (20/12/2011), beberapa kebiasannya yang dianggap aneh ataupun gila, antara lain:

Kim si penyuka film
Korut dikenal sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Rakyatnya jarang mendapatkan hiburan yang layak. Tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi Kim Jong-Il.

Dirinya diketahui sebagai penggemar berat film dan memiliki 10 ribu hingga 20 ribu keping DVD. Sebagian besar di antara merupakan film Hollywood. Salah satu film favoritnya adalah film horor "Friday the 13th" dan film aksi "Rambo". Elizabeth Taylor adalah aktris favorit dari Kim.

Kim si penculik
Pada 1978 sutradara film Korea Selatan (Korsel) Shin Sang-Ok dikabarkan diculik saat menyelidiki menghilangnya sang istri, Choe Eun-Hui. Choe yang juga seorang aktris, dikabarkan hilang di Hong Kong. Menurut BBC, agen rahasia Korut membawa Shin ke Pyongyang untuk ditahan selama empat tahun sebelum akhirnya disandingkan kembali dengan istrinya Choe.

Kim dikabarkan memerintahkan penculikan tersebut untuk memaksa sutradara dan aktris itu guna merevitalisasi industri film Korut. Selama ditahan di Korut, keduanya merilis dua film dan Kim disebut sebagai produser eksekutif dari film-film itu.

Pasangan itu pun akhirnya berhasil melarikan diri ke Wina, Austria. Shin mengatakan, bahwa Kim selalu menginginkan dirinya membuat karya yang jujur.

Kim takut terbang
Meski dilaporkan jarang meninggalkan negaranya, Kim dilaporkan memiliki rasa takut terbang. Dirinya justru lebih memilih melakukan perjalanan lewat kereta pribadinya yang memang anti peluru, saat melakukan perjalanan kenegaraan ke Rusia dan China. Ironisnya, Kim dilaporkan wafat di atas kereta dinasnya.

Kim si tukang minum
Sebagai pemimpin, Kim Jong-Il dikenal dengan gaya hidupnya yang mewah. Dia diketahui sebagai penggemar berat minuman anggur dan cognac Hennessey.

Dirinya juga memiliki ribuan botol anggur merah Bordeaux dan Burgundy yang diterbangkan dari Paris, Prancis. Dia juga dikenal sebagai langganan dari Hennessey dan menghabiskan lebih dari USD800 ribu atau sekira Rp7,3 miliar (Rp9.150 per dolar) tiap tahunnya.

Kim atlet golf
Sebagai penggemar golf, Kim dilaporkan pernah bermain golf di sebuah klub pada 1994 lalu dan menyelesaikan 38 di bawah par berdasarkan aturan 18 lubang di lapangan golf. Bila ini benar terjadi, maka Kim dianggap sebagai pegolf terbaik.

Kim seorang seniman
Menurut biografinya, Kim dikabarkan menulis enam komposisi musik bagi opera dan dua tahun. Dirinya pun amat menikmati pertunjukan musik. Pada 2009, Kantor Berita KCNA melaporkan Kim menjadi sutradara pertunjukan balet. Dirinya pun melakukan hal itu agar rakyat Korut mengerti budaya barat.

Kim si penakluk wanita
Meski tidak ada dokumen resmi mengenai pernikahannya. Kim diyakini hanya menikah satu kali. Dirinya dikabarkan menikah dengan Kim Young-Sook, putri seorang perwira tinggi militer Korut. 

Diyakini, Kim mempunyai tiga perempuan simpanan, yaitu seorang aktris film Song Hye-rim, Ko Young-He yang dikenal sebagai penari kelahiran Jepang yang juga ibu dari Kim Jong-Chul dan Kim Jong-Un. Simpanan terakhirnya adalah sekretaris pribadi Kim selama bertahun-tahun, Kim Ok.

Tema lagu yang mewakili Kim
Kim Jong-Il selalu memiliki lagu yang bertemakan dirinya. Kerap kali lagu itu menyertakan syair mengenai dirinya dan sering diputar di Kota Pyongyang lewat pengeras suara.

Kim tenar di Hollywood
Setelah dikenal gemar menonton film, Kim pun masuk dalam layar kaca pada 2000 lalu. Saat itu, Korut dianggap sebagai poros iblis bersama Irak dan Iran oleh pemerintah mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George Bush.

Dirinya menjadi makin terkenal saat acara televisi "South Park" memasukan tokoh Kim dalam salah satu episodenya. Meski dikenal keras, dalam acara ini justru ditunjukan sisi lembut Kim yang menyanyikan lagu "I'm So Ronery".

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger