Rabu, 07 Desember 2011

Contoh Iklan-iklan Zaman Dulu



Sebelum ada media yang seperti sekarang ini yang canggih dan sangat menarik perhatian orang banyak, di masa yang lalu juga ada lho iklan-iklan yang jadul. Tapi walaupun begitu iklan-iklan yang sekarang beredar kan juga berkat  iklan-iklan jadul ini juga.
Sebenarnya iklan-iklan jaman dulu, tidak kalah jauh juga dengan sekarang, hanya saja, tampilan pada iklan-iklan jaman sekarang mempunyai nilai lebih tersendiri, karena kebanyakan menggunakan fullcolor, tidak seperti pada iklan-iklan jaman dulu yang hanya menggunakan warna hitam dan putih saja.
Dari segi isinya, tidak mempunyai beda yang terlalu mencolok, jika diperhatikan, iklan-iklan jaman dulu lebih berisi daripada iklan-iklan jaman sekarang yang cenderung lebih menampilkan warna-warna yang mencolok untuk mencari nilai plus dan menarik perhatian orang banyak.


1. Garuda Indonesia 1953
simple sekali ya !tapi jaman dulu inilah yang paling dibanggakan rakyat indonesia

2.Pacul Maesa 1938
Iklan Pacul (cangkul) Maesa, Tahun 1938. Hebat juga perusahaa cangkul ini ya. Meski produknya “cuma” cangkul, tapi berani beriklan di majalah. Pakai foto segala.

3.Pepsodent 1953
inilah cikal bakal pepsodent yang sering kita pakai sekarang,awalnya memakai bahasa belanda,karena rata-rata pemakainya dulu adalah orang belanda yang menjajah indonesia.

4. Djarum coklat Filter 1980
 
*Mohon maaf jika tampilan iklannya seperti di atas, karena itu memang iklannya pada waktu itu.
iklan rokok cukup berbeda dengan iklan rokok zaman sekarang. Ini salah satu contohnya. Pada masa ini, tidak hanya Djarum, iklan rokok boleh menampilkan modelnya sedang menghisap rokok. Misalnya, iklan rokok Blue Ribbon, pada tahun yang sama juga menampilkan modelnya sedang merokok.

5.Lampu Petromak 1935
karena belum ada aliran listrik jaman dahulu orang kaya indonesia menggunakan lampu ini untuk alat penerangan,keren gila !
4.Djamu Goeroe
jamu yang sangat populer dijamannya
7.Mobil Austin 1952
Ayo siapa mau beli mobil ! inilah iklan yang dapat kami berikan kepada konsumen hehehehehe
8.TV Philips 1973
Jaman dulu Belum ada tv LCd atau Tv warna sekalipun yang ada hanya tv jadul dengan fitur standar dan layar hitam putih
9.Sunsilk 1956
Kalau ngeliat iklan sunsilk yang sekarang kayaknya gak mungkin sunsilk dulunya membuat iklan seperti ini hehehehehe
10.Sepatu Bata 1953


Iklan-klan Lain:


Pengen tahu juga bagaimana bentuk dan wujudnya iklan-iklan jaman dulu, apa udah semaju sekarang ini ya, diama iklan banyak sekali keluar dan kreative banget, nah kalao kalian semua penasaran dengan ilakan-iklan jaman dulu berikut ini tak kasih gambarnya pasti ketawa deh masalahnya bahasanya lucu tapi keren kok monggo disimak




















iklan jaman dulu
Gambar Iklan Njonja Meneer (jaman dulu)
iklan jaman sekarang
Gambar iklan Nyonya Meneer (jaman sekarang)
Berikut gambar diatas contohnya. Pada iklan yang jaman dulu, didominasi warna hitam putih kan? Dan yang gambar dibawahnya menjadi lebih berwarna walaupun dengan konsep yang sederhana.
Berikut iklan-iklan jadul lainnya.
iklan jaman dulu
Iklan balsem Bintang Toedjoe
iklan shampoo sunsilk
Iklan shampoo Sunsilk
iklan sepatu bata
Iklan sepatu Bata
Iklan yang satu ini juga menampilkan harga di jaman dulu, rata-rata hanya 20 rupiah saja, bandingkan dengan yang sekarang, harganya mencapai 10.000 %, wow. Bagaimana bisa sampai sebegitunya? Di zaman dulu saja rupiah hampir imbang dengan US$, tapi sekarang? jauh bangat.

Kalau dipikir-pikir iklan Indonesia jaman dulu hampir sama kayak iklan Malaysia sekarang ya !berarti dibidang entertainment indonesia jauh lebih unggul dari malaysia.liat aja ni.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger