Kamis, 29 Desember 2011

Beras Merah Efektif Kurangi Risiko Kanker


Orang yang mengonsumsi kacang merah dan lentil setidaknya tiga kali seminggu dapat mengurangi sepertiga risiko berkembangnya polip, atau pertumbuhan jaringan dari dinding usus yang menonjol ke dalam dan dapat berkembang menjadi kanker.

Sedangkan, makan beras merah setidaknya sekali seminggu mengurangi risiko kanker hingga dua per lima. Sementara, sayuran hijau bermanfaat untuk mengurangi risiko tersebut sebanyak seperempat. Para ilmuwan dari Universitas Loma Linda di California juga menemukan bahwa konsumsi buah kering tiga kali seminggu mampu mengurangi risiko tersebut dalam jumlah yang sama.

Ini adalah penelitian pertama untuk melihat manfaat makanan demi mencegah kanker usus. Penelitian ini menggunakan data survei dari 3 ribu orang berusia 25 tahun dengan menanyakan kepada mereka seberapa sering mengonsumsi makanan tertentu.

Responden kemudian diminta untuk menyelesaikan survei lanjutan yang berfokus pada pengembangan polip. Hasilnya, seperenam dari mereka telah memiliki polip di dalam usus. Data tersebut kemudian disesuaikan dengan memperhitungkan faktor keturunan, seberapa aktif orang tersebut dan apakah mereka perokok aktif, peminum alkohol atau menjalani gaya hidup tidak sehat lainnya.

Yessenia Tantamango, peneliti, mengatakan bahwa serat yang tinggi dalam makanan tersebut membantu membuat 'senjata' efektif melawan kanker usus. Penelitian yang diterbitkan pada The Journal Nutrition and Cancer ini mengungkap bahwa serat pada kacang-kacangan, beras merah, dan buah kering mampu mencairkan karsinogen potensial.

"Selain itu, sayuran seperti brokoli yang mengandung senyawa detoksifikasi akan meningkatkan fungsi perlindungan usus. Mengonsumsi makanan tersebut dapat mengurangi risiko polip usus besar, yang juga akan mengurangi risiko kanker usus," ujar Dr. Yessenia, seperti dikutip Dailymail.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger