Kamis, 29 Desember 2011

Al-Shabaab Somalia Hadang Konvoi Bantuan Pangan ICRC

Gerilyawan Somalia menghadang dua konvoi Komite Internasional Palang Merah (ICRC), yang membawa bantuan pangan darurat bagi korban kekeringan bulan ini. Peristiwa itu disampaikan kontraktor dan seorang gerilyawan senior.

Penduduk di Baidoa, sebuah markas gerilyawan Al-Shabaab, mengatakan kepada Reuters, mereka melihat militan itu menurunkan bantuan pangan dari puluhan truk dan memasukkannya ke dalam gudang mereka pada Kamis.

Sumber-sumber pekerja bantuan mengatakan, Al-Shabaab ingin memeriksa kualitas pangan itu.

Namun, penyergapan terhadap konvoi ICRC itu meningkatkan kemungkinan bahwa organisasi itu kini termasuk dalam daftar panjang badan internasional, yang dilarang beroperasi di dalam wilayah Somalia yang dikuasai Al-Shabaab.

"Klaim mereka memeriksa kualitas pangan merupakan hal yang menyesatkan. Niat mereka sangat jelas, mereka mencari pembenaran untuk melarang badan itu seperti organisasi-organisasi lain sebelumnya," kata seorang kontraktor lokal ICRC yang tidak bersedia disebutkan namanya.

ICRC menyatakan pada Agustus, mereka meningkatkan operasi distribusi pangan darurat di Somalia tengah dan selatan, untuk membantu 1,1 juta orang lain yang menjadi korban kekeringan dan perang.

Biasanya ICRC memperoleh akses bagus di Somalia tengah dan selatan yang sebagian besar dikuasai Al-Shabaab, dan penghadangan konvoi itu merupakan hal yang tidak biasa.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger