Jumat, 23 Desember 2011

Akibat dari Stres

Apakah benar sakit maag adalah hasil dari pola makan yang tidak teratur? Ya, tapi sakit maag tidak hanya disebabkan oleh  tidak teraturnya pola makan. Salah satu lagi penyebabnya adalah stress. Stress tidak hanya menyebabkan sakit maag saja tetapi juga dapat mengakibatkan berbagai hal seperti:
- Penambahan berat badan yang berlebihan (beberapa orang melarikan diri dari stress dengan makanan)
- Gusi berdarah
- Sariawan
- Rambut rontok
- Rambut cepat memutih
- Anti bodi  menurun
- Sakit kepala
- Kerutan cepat muncul
- Tekanan darah tinggi
- Jerawat
- Gila
- Dan masih banyak lagi
Daftar yang sungguh panjang, membuat stress menjadi hal yang sangat ditakuti tapi sering dialami karena adanya tekanan dari lingkungan dan tuntutan pada diri sendiri yang ingin selalu sempurna.
Akibat diatas adalah akibat umum yang sudah diketahui masyarakat banyak sehingga tidak ada pengelompokan yang pasti. Dari point of view ilmu pengetahuan, akibat dari stress  dikelompokan menjadi 3 yaitu:
- Fisiologis
Perubahan yang terjadi pada fisik atau organ yang didalam tubuh adalah akibat stress yang dikategorikan pada fisiologis seperti perubahan pada metabolisme, detak jantung, cara bernapas, dan tekan darah. Sakit kepala dan maag pun termasuk kelompok ini.
- Psikologis
Yang termasuk kelompok psikologis adalah perubahan pada perasaan, mood dan sikap seperti: muncul perasaan tidak puas, tegang, cemas, jengkel, jenuh dan menundah pekerjaan.
- Perilaku
Stress dapat merubah perlilaku manusia baik itu jam tidur, pola makan, cara berbicara dan pilihan kata.
Satu individual bisa mengalami akibat stress dari 3 kategori sekaligus atau hanya salah satunya, semuanya ini tergantung pada masing-masing individual karena setiap individual mengalami akibat yang berbeda. Yang pastinya, stress mengganggu kesehatan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger