Rabu, 14 Desember 2011

Aceh Jaya Akan Mekarkan Tiga Kecamatan Lagi


 Kabupaten Aceh Jaya akan memekarkan tiga kecamatan baru, dari sebelumnya enam kecamatan. Bahkan wilayah yang akan dimekarkan sudah mendapat persetujuan Gubernur Aceh, serta sudah pula ditinjau oleh tim Pansus DPRK Aceh Jaya. Dalam waktu dekat hal tersebut akan dibahas bersama antara legislatif dan eksekutif guna dituangkan dalam qanun daerah.

Adapun tiga wilayah yang akan dimekarkan adalah dalam Kecamatan Teunom ditambahkan satu kecamatan lagi yakni Kecamatan Pase Raya. Kemudian Kecamatan Sampoiniet dimekarkan satu kecamatan yaitu Kecamatan Darul Hikmah. Satu kecamatan lainnya yang akan diberi nama Kecamatan Indrajaya merupakan pemekaran dari Kecamatan Jaya.

Dengan pemekaran ini, maka jumlah kecamatan di Aceh Jaya bertambah menjadi sembilan kecamatan, dari sebelumnya hanya enam kecamatan, yakni Teunom, Panga, Krueng Sabee, Setia Bakti, Sampoiniet, dan Jaya.

Anggota tim Pansus DPRK Aceh Jaya, Saudi menjawab Serambi Sabtu (28/12), mengakui bahwa rencana pemekaran tiga kecamatan di Aceh Jaya ini sudah mendapat persetujuan dari Gubernur Aceh Irwandi Yusuf. “Untuk pemekaran kecamatan sudah turun persetujuan Gubernur Aceh,” ujar Saudi.

Menurutnya, untuk wilayah Kecamatan Jaya dan Kecamatan Teunom tim Pansus DPRK Aceh Jaya sudah turun sebelum lebaran Idul Adha lalu dan untuk Kecamatan Sampoiniet sudah turun pada Senin pekan lalu.

Dikatakan juga, sebelumnya pihak DPRK dan Pemkab sudah merencanakan akan menuntaskan hal ini dalam tahun 2010. Namun karena padatnya agenda serta sempitnya waktu yang tersisa, maka pembahasan rancangan qanun pemekaran kecamatan ini akan menjadi prioritas pada awal tahun 2011.  

sumber: Serambi Inonesia Edisi Minggu, 19 Desember  2010

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger