Rabu, 21 Desember 2011

7 Jenis Makanan yang Anda Kira Menyehatkan, Tapi Ternyata tidak


Setiap kita selalu berusaha keras untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan bergizi, tidak hanya untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan, tapi untuk memastikan kita mendapatkan semua yang kita perlukan untuk sehat dan bahagia. Kita makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari, mencoba menambahkan biji-bijian ke dalam menu makanan kita, dan mempelajari label nutrisi dalam kemasan... Namun ada beberapa makanan yang terhindar dari pengawasan karena kita pikir makanan itu termasuk ‘makanan sehat’. Namun beberapa di antaranya tidaklah sehat! Berikut adalah 7 makanan yang kita pikir sehat namun sebenarnya tidak.

1. Sup Ayam 

Kita semua pernah mendengar, bahkan mungkin pernah mengalami pemulihan dan juga kekuatan restoratif dari sup ayam, yang dapat mengobati pilek dan flu serta malaise secara umum. Tapi tahukah Anda bahwa sup ini kaya dengan kandungan natrium, dan juga bisa mengandung lemak yang tinggi? Sebelum Anda membeli sup kalengan, periksalah label nutrisinya dan jangan Anda beli jika kandungan nutrisinya tidak masuk dalam kualifikasi Anda. Kecuali jika Anda membuatnya sendiri, atau membeli sup kalengan yang mengandung natrium rendah merupakan ‘pilihan yang sehat’. 

2. Jus Botol Dan Teh Botoh 

Anda mungkin berpikir bahwa jus buah dan es teh akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada minuman bersoda, tapi tahukah Anda bahwa kebanyakan dari jus dan teh dalam kemasan botol mengandung gula yang sangat banyak dan hanya sedikit mengandung jus ataupun teh asli? Sekali lagi, periksa label kandungannya untuk melihat apa yang sebenarnya terkandung dalam jus maupun teh itu sebelum Anda membelinya. Jika mengandung fructose corn syrup yang tinggi atau kandungan gulanya lebih dari 12 gram, lebih baik Anda lewati produk tersebut... dan ambillah sebotol air atau jus murni sebagai gantinya. 

3. Sandwich 

Saya sangat menggemari sandwich, terutama sandwich yang terbuat dari roti tawar dan berbentuk gulungan. Namun tahukah Anda bahwa makanan ini juga tidak selalu menjadi pilihan yang sehat? Banyak daging mengandung banyak lemak dan natrium, dan salad tuna maupun ayam dapat dibuat dengan menggunakan mayonaise yang jauh lebih banyak dari yang seharusnya. Periksalah informasi nutrisi pada sandwich dan bahan-bahan dari restoran, dan pilihlah mayonaise rendah lemak (jika ada) atau bahan sayuran dengan sedikit tambahan yang rendah lemak. 

4. Salad 

Tentu saja buah dan sayuran yang menjadi bagian dari salad merupakan pilihan fantastis yang sehat, namun begitu banyak salad yang ditambahkan dengan junk food... seperti crouton, bacon bits, dilapisi tepung roti ayam goreng, dan keju serta tambahan yang menggemukkan (tapi sangat lezat). 

5. Smoothies (buah dan es yang diblender, biasanya ditambahkan susu) 

Logika yang sama dengan jus buah digunakan pada jenis makanan ini – smoothies seharusnya baik bagi Anda dengan semua kandungan vitamin dan antioksidan yang Anda dambakan, namun untuk beberapa alasan, smoothies yang dibuat untuk komersial biasanya memiliki mutu yang sangat rendah. Smoothies buatan memiliki fructose corn syrup (gula) yang tinggi dan sangat sedikit mengandung jus dan yogurt asli. Smoothies buatan juga dapat menggemukkan... seperti misalnya saja seporsi strawberry banana smoothie yang besar yang dibuat oleh restoran fast food bisa mengandung 330 kalori dan 77 karbohidrat (dimana 70 diantaranya merupakan gula). Astaga! Jika Anda benar-benar menginginkan smoothie, gunakan yoghurt rendah lemak dan buah-buahan segar untuk mendapatkan smoothie yang lezat, ramuan penuh gizi dari rumah. 

6. Yogurt 

Kaum wanita membutuhkan kalsium dan vitamin D, sehingga banyak dari mereka yang akan menambahkan yogurt ke dalam kotak makan siang mereka. Tapi pernahkah Anda mengintip label nutrisi di bagian belakang kemasannya? Yogurt bisa sama tidak sehatnya dengan junk food lainnya, yang sarat dengan kandungan gula, lemak dan banyak lagi lainnya. Pilihlah yogurt yang hanya mengandung sedikit lemak dan sesedikit mungkin gula. Terdapat ratusan rasa dari puluhan merek, jadi bereksperimenlah sedikit untuk mendapatkan pilihan yang paling menyehatkan sekaligus menemukan citarasa yang paling cocok dengan Anda. 

7. Granola Batangan 

Saya sering memasukkan granola batangan ke dalam tas putri saya sebagai cemilan siang hari di sekolah, sampai saya bosan dan suatu hari saya pergi ke kasir dan memeriksa informasi nutrisinya. Saya sangat terkejut – bahkan granola batangan tanpa butiran coklat benar-benar kaya lemak dan gula, hampir sebanyak permen batangan! Saat ini saya hanya memilih granola batangan yang lebih segar dengan versi ‘rendah gula’, dan itu hanya sesekali sebagai hadiah. 

Ketujuh makanan ini hanyalah segelintir dari makanan yang seringkali kita anggap sehat tapi ketika Anda melihatnya lebih dekat, tidaklah demikian adanya! Sangat mengejutkan bukan? Manakah dari makanan lezat di atas yang telah menipu Anda? Atau mungkin ada lagi jenis ‘makanan sehat’ lainnya yang Anda ketahui ternyata tidak sesehat yang Anda kira. Silahkan bagikan di sini!
 
Sumber: (http://www.smartnewz.info)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger