Senin, 07 November 2011

Cara Mengganti Senar Gitar Listrik

Mengganti senar pada guitar gak perlu harus semuanya, lebih baek ganti senar yang udah mati aja. Karena hal ini akan mengurangi beban neck guitar biar gak bengkok. Cara agar tau senar perlu diganti tuw biasanya senar yang udah berkarat bakal kurang nyaman dimainkan. Atau dilihat dari segi kualitas suara, nada yang dihasilkan kedengeran terpendam ato gak nyaring. Tapi seringkali juga kita terlalu sering dengerin suara dari satu gitar yang kita pake aja. Jadi sebaeknya kamu denger kualitas guitar yang lainnya. Coba suara gitar yang senarnya masih bagus atau baru, pasti suaranya lebih mendingan. Ok, sekarang senar uda ditentukan, sekarang giliran ngganti senarnya. Biar kerjaan lebih mudah kamu sediain tang jepit.

Yab, langkah pertama adalah copot salah satu senar, awali dari senar 6 yang tegangan paling besar. Biar lebih cepet muter peg guitar, kamu bisa beli alat peg winder. Kalo gak ya diputer pake tangan aja. Sambil muter peg guitar, perhatiin apa senarmu udah bener-bener kendor, karena kalo kebalik senarnya tambah kenceng.

Langkah kedua, jangan ragu kalo potong ujung senar yang bikin sulit keluar dari lubangnya. Dorong ujung satunya keluar dari lubang bridge pake sesuatu yang panjang tapi kuat, jangan sampe patah trus malah nyantol di dalemnya.

Langkah ketiga, masukin ujung senar ke lubang bridge di belakang guitar. Hal ini tergantung juga ama jenis guitar yang dipakai. langkah keempat, luruskan lubang senar pada peg sehingga menghadap neck gitar dan masukin senar ke lubangnya. Tarik senar sampai gak ada bagian yang kendor banged.

Langkah kelima, sisakan sekitar 4 cm keluar dari lubang senar tadi, dan masukkan kembali ujung senar ke lubang pertama. Langkah keenam, kalo senar uda tersisa, sekarang kita bisa mulai memutar senar terhadap peg guitar. Caranya, putar searah jarum jam untuk tuning peg disebelah kiri dan berlawanan arah untuk peg di kanan jika guitar menghadap kamu.

Langkah ketuju potong kelebihan senar agar tidak terlalu mengganggu. Langkah kedelapan, perhatikan posisi senar, akibat putaran, karena bisa aja penempatan senar berbeda pada macam-macam guitar. Karena itu pemasangan senar pada saat sebelum senar benar-benar di tune harus diperhatikan keefisiennannya.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger