Kamis, 29 September 2011

Jenis-jenis Ras Anjing di Dunia

Anjing Rough Collie

Anjing Collie berasal dari dataran tinggi Scotland, Anjing ini dikembangkan pada mulanya sebagai anjing gembala dan penjaga. yang menurut sejarahnya berabad-abad yang lalu dipergunakan sebagai anjing gembala dan penjaga.






Menurut sejarahnya nenek moyang Collie berasal dari anjing gembala kuno. Tapi Rough Collie atau Lassie Collie yang kita kenal sekarang jadi popular di masa pemerintahan Ratu Victoria di tahun 1800-an. Selama kunjungannya ke Istana Balmoral di Skotlandia RatuVictoria terkesan pada banyaknya Collie yang bekerja. Ia membawa pulang beberapa ekor ke kandang istananya di Inggris. Saat di kandang istana, disarankan Collie dikawinkan dengan Borzoi yang diterima Putri Alexandra anak Victoria dari Tsar Nicolas II dari Rusia. Saat Ratu Victoria ke Skotlandia dan membeli Istana Balmoral, Collie menjadi lambing status.

Diyakini banyak orang Collie modern terkait pada anjing bernama Trefoil. Yang lebih terkenal dari Trefoil adalah cucunya, Old Cocky. Anjing Inggris ini lahir tahun 1867 dan menjadi penetap standar Collie sekarang. Jenis ini menyeberangi Atlantik ke Amerika di awal tahun 1900-an dibawa oleh JP Morgan dan menjadi populer di Amerika.

Secara garis besar Collie dibedakan menjadi dua model. Model Amerika yang cenderung lebih gagah dan model Inggris lebih tradisional. Collie Inggris 2 inci lebih pendek di bahu dari pada Collie Amerika. Wajah berbeda bila diperhatikan. Tipe berbeda yang tetap menjadi kehebatan masing-masing jenis. Selalu menjadi perdebatan anatara 2 negara mana Collie yang lebih sempurna.

Collie digambarkan di banyak kisah sebagai pahlawan. Ada puluhan buku anak dengan Collie sebagai pelaku utamanya. Begitu banyak kisah berdasar fakta bahwa Collie sangat setia. Ia dikenal sebagai anjing setia. Nama Collie berasal dari domba wajah hitam disebut coalie ( arang ). Mereka dipakai membantu menggiring domba dan melindungi kawanan dan tuannya.

Jantan setinggi 24-26 inci hingga bahu dan beratnya 60-75 pon. Betina setinggi 22-24 inci dan beratnya 50-65 pon. Standar pameran menekankan ekspresi wajah unsure terpenting dalam menentukan kondisi fisik. Ekspresi wajahnya tidak boleh cemberut, malu-malu atau lemah. Bila menatap matanya harus tampah semangat, kecerdasan dan keingintahuannya yang membuatnya cocok bagi siapa saja.

Nama Rough Collie di dapat merujuk pada bulunya. Collie bukanlah Collie tanpa bulu lebat indahnya. Collie juga ada yang berjenis mulus/ bulu pendek dengan standard yang sama.

Karakter Umum

Collie adalah anjing dengan karakter luwes, aktif dan patuh, dada yang lebar menunjukkan kekuatan, bahu yang kokoh menunjukkan kecepatan, dan wajah menunjukkan kecerdasan yang tinggi. Penampilan umum Collie menjukkan suatu gambaran yang mengesankan, masing-masing bagian/ postur tubuh berada dalam proporsi seimbang.

Kepala


Kepala merupakan bagian yang sangat penting, harus proporsional dengan ukuran badan secara keseluruhan, tidak boleh terlalu besar. Kepala meruncing dan mendatar dari telinga sampai ke unjung hidung dengan stop yang jelas pada sudut mata, hidung berwarna hitam, stuktur gigi yang saling menggunting.

Kesalahan : Overshot dan undershot pada rahang.

Mata

Bentuk mata seperti buah almond dengan ukuran sedang. Warna mata gelap dan tidak diperbolehkan adanya lingkaran kuning. Mata harus jernih, menunjukkan penampilan yang cerdas dan ekspresi keingin tahuan yang besar. terutama sekali ketika telinga berdiri dan anjing sedang berjaga-jaga.

Telinga

Telinga sebanding dengan ukuran kepala. Telinga yang besar pada umumnya tidak bisa berdiri, dan bahkan jika berdiri akan terlihat terlalu besar untuk ukuran kepala. ¼ bagian dari telinga harus menekuk ke depan.

Leher

Leher harus lurus dan berotot, dengan bulu berumbai-rumbai yang menggambarkan kegagahan.

Badan

Badan keras dan berotot, dengan panjang yang proporsional dengan tingginya. Tulang rusuk lengkap di belakang bahu dengan dada yang bidang. Punggung didukung oleh paha dan pinggul yang kuat dengan pinggang yang ramping.

Kaki

Kaki depan berotot dan lurus, kaki belakang sedikit lebih besar dan berotot.

Ekor

Ekor memiliki panjang yang sedang, meyambung dengan baik ke badan. Menjuntai ke bawah ketika anjing diam, dan diatas punggung ketika anjing bergairah.

Bulu

Bulu panjang menjuntai pada seluruh badan kecuali pada kepala dan kaki. Collie memiliki dua lapisan bulu, bulu bagian luar kasar dan lurus sedangkan bagian dalam halus yang menutup kulit bersamaan sehingga kulit sulit untuk dilihat ketika bulu disibak.

Warna

Ada empat warna yang diakui "Sable and White," "Tri-color," "Blue Merle" dan "White." Pada Sable and White warna yang lebih dominant adalah coklat dengan variasi dari coklat gelap sampai coklat terang keemasan dengan spot putih pada bagian dada, leher, kaki dan ujung ekor. Pada Tri-colour warna dominant hitam dengan variasi putih dan coklat pada bagaian leher, kepala dan kaki. Pada Blue Merle variasi warna abu-abu kebiruan dengan bintik hitam, putih dan coklat pada bagian leher, kepala dan kaki.

Ukuran

Jantan memiliki tinggi 24 inci sampai 26 inci dari bahu dengan berat badan 60 sampai 75 pon. Untuk betina memiliki tinggi 22 inci sampai 24 inci dengan berat badan 50 sampai 65 pon.

Ekspresi

Ekspresi wajah adalah salah satu point utama dalam menilai Collie., harus menunjutkan semangat dan kecerdasan.

Secara keseluruhan, anjing Collie baik Rough maupun smooth Collie adalah anjing keluarga yang sangat menyenangkan, sangat ramah terhadap anak kecil, protektif dan sangat setia.

Anjing Belgian Malinois

Anjing Belgian Malinois atau biasa hanya disebut dengan Malinois adalah anjing yang sangat setia. Dia suka menjadi bayangan dari tuannya, apakah itu pada waktu tuannya lari pagi, ataupun sedang duduk membaca dia selalu berada disamping tuannya. Tidak jarang dia juga suka mengikuti tuannya sampai kedalam rumah atau kamar kecil.

Mereka sangat sensitif, jadi sangat cepat mengetahui mood dari tuannya, apakah lagi senang, sedih atau marah.

Malinois memiliki kepintaran yang sangat tajam. Mereka tidak suka dihukum dalam pelatihan, tapi dengan cara positif menghasilkan sifat yang luar biasa.







Penampilan Umum

Penampilan Malinois secara umum memiliki tubuh yang sangat seimbang, berbentuk persegi dan elegan. Biasanya jantan lebih indah dan anggun dibanding betina yang lebih terlihat sangat feminim . Belgian Malinois ( baca : MAL-in-wah ) adalah satu dari 4 jenis belgian shepherd. Belgian shepherd terdiri dari Groenendael ( hitam berbulu panjang ), Tervueren ( fawn berbulu panjang ), Laeknois ( fawn berbulu keriting ) dan Malinois ( fawn berbulu pendek ).

Latar belakang genetik mereka hampir sama.

Belgian Malinois adalah anjing keluarga yang sensitif. Mereka sangat suka melakukan apa saja untuk tuannya. Mereka bukan ras yang suka dikandangin atau dijauhkan dari tuannya. Mereka juga merupakan anjing yang sangat berenergi. Ini penting untuk diketahui supaya bila anda tidak siap dan tidak suka tingkat aktivitas tingginya, anda akan sangat menderita. Malinois jika tidak diberikan sesuatu untuk dikerjakan mereka akan melakukan sesuatu dengan sendirinya dan biasanya yang anda tidak senangi

Banyak orang bilang bahwa mereka sebelumnya memiliki anjing yang sangat aktif, tapi setelah memiliki Malinois mereka merasakan perbedaan yang jauh. Malinois sangat berenergi dan energinya ditujukan kepada tuannya. Jadi bila anda melemparkan bola sebanyak 100 ke dia, maka dia akan mengembalikannya 101 kali

Malinois biasanya digunakan sebagai anjing ketangkasan ( agility ), anjing kepatuhan ( obedience ), anjing pelacak ( tracking ), anjing schutzhund ( sport schutzhund ), ringsport, anjing polisi ( police dog ) dan juga search & rescue

Training yang benar dan sosialisasi diharuskan untuk seekor Malinois karena keinginan bekerjanya dan sifat melindunginya dapat menyebabkan dia bermasalah bila tidak di arahkan.

Malinois di eropa dan amerika sangat banyak digunakan untuk ring sport seperti mondio ring, french ring dan belgium ring. Juga pada kalangan tertentu dimana melatih anjing adalah lifestyle menggunakan Malinois sebagai bahan latihan. Mereka adalah kalangan elite KNPV Club ( Koninklijke Nederlandse Politiehond Vereniging ).

Kepala

Kepala harus rapi dan bebas dari kerutan . Terlihat kuat tetapi tidak kasar. Belgian Malinois harus mempunyai ekspresi wajah yang waspada, pintar dan siaga. Mata berwarna coklat , warna gelap lebih baik. Berbentuk buah almond dan berukuran sedang. Telinga berdiri tegak dan menghadap kedepan. Tengkorak bagian atas rata, paralel dengan garis atas moncong dan tidak lebar. Stopan terlihat jelas tetapi tidak tajam/dalam. Ujung moncong meruncing , moncong harus hitam. Bentuk gigi menggunting atau rata . Gigi harus lengkap dan terkesan kuat. Warna bibir dan gusi harus gelap.

Badan

Tinggi badan untuk jantan antra 60-66 cm dan betina dengan tinggi 56-60cm. Warna bulu adalah fawn / mahogany dan hitam, adakalanya dada bewarna putih. Bulu pendek. Leher memiliki panjang yang cukup. Badan ramping tetapi tetapi memperlihatkan kekuatan dengan jelas. Kaki depan lurus dan memiliki tapak kaki membulat seperti tapak kaki kucing. Kuku disamping kaki (dewclaw) harus dibuang. Warna kuku harus hitam. Kaki belakang memiliki siku yang cukup , tidak boleh terlalu tajam seperti Miniature Pincher. Kaki belakang harus memiliki otot yang kuat. Tulang punggung kuat dan lurus. Ekor tidak boleh terangkat melebihi garis punggung. Ekor memiliki bulu yang cukup tebal seperti Anjing Gembala Jerman.

Bulu


Bulu pendek , lurus dan cukup kasar untuk menahan tubuh dari serangan cuaca panas dan dingin. Memiliki bulu dalam (under coat) tetapi tidak terlalu tebal seperti Golden Retriever. Pada kepala, telinga, dan kaki bagian bawah bulu harus pendek. Pada bagia leher , bulu agak panjang . Bulu pada ekor agak panjang dan tebal. Bulu harus rapat menutupi tubuh , tidak boleh terlihat berdiri atau menjuntai kebawah.

Diskualifikasi


- Gigi tidak menggunting atau rata (undershot/overshot). Gigi tidak tersusun dengan rapi.

- Warna mata, hidung, atau bibir terang .

- Tinggi badan untuk jantan dibawah 23 inchi atau melebihi 27 inchi. Untuk betina kurang dari 21 inchi atau lebih dari 25 inchi.

- Telinga tidak berdiri tegak.

Anjing Pembroke Welsh Corgi

Anjing Pembroke Welsh Corgi berasal dari South West Wales , dipercaya bahwa nenek moyang dari Pembroke Welsh Corgi telah diperkenalkan oleh Flemish Weavers, dibawa ke Britain/Inggris tahun 1100 oleh Henry I. Sekarang dipercaya berasal dari Spitz berbeda dengan Cardigan Welsh Corgi, yang mana berasal dari nenek moyang yang sama dengan Dachshund. Pembroke Welsh Corgi mempunyai nenek moyang kombinasi dari leluhur Keeshond, Pomeranian , Schipperke dan Swedish Vallhund. Bagaimanapun tidak ada kerancuan bahwa Pembroke adalah rekan manusia yang sangat dihargai sebagai penggiring ternak di domba-domba dan lembu di banyak negara-negara sampai saat ini.



Pembroke sebagai keturunan yang murni telah berkembang sangat pesat kualitasnya di seluruh dunia. Barangkali klaim yang terbesar ketenarannya, Kerajaan Inggris menjadikan Pembroke sebagai salah satu anjing kesayangan kerajaan Di 1933 kemudian Duke of York menghadiahkan pada putrinya seekor anak anjing Pembroke yang bernama Rozavel Golden Eagle, anjing ini menjadi anjing kesayangan Princess Elizabeth ( sekarang menjabat sebagai Ratu Elizabeth II). Selama beberapa masa, anjing Pembroke Welsh Corgi dilarang untuk dipelihara oleh rakyat biasa karena dianggap sebagai hewan peliharaan bangsawan kerajaan Inggris.

Saking sayangnya Ratu Elizabeth II terhadap Pembroke Welsh Corgi, dibuat film untuk menyindir Ratu Elizabeth II. Di film itu, Ratu Elizabeth II ditodong pistol agar ia mau menyerahkan kekuasaannya tetapi Ratu bersikeras untuk tetap mempertahankan tahtanya. Sang penjahat tidak kehilangan akal, mengambil anjing Pembroke sang ratu yang sedang tiduran disisinya lalu ditodongkan pistol kearah Pembroke tersebut. Tanpa ditanya lagi sang Ratu langsung menandatangani surat penyerahan tahta.



Temperamen

Terkenal dengan gonggongannya, yang mana lebih buruk dibanding gigitannya, Pembroke adalah seekor anjing yang kecil yang mempunyai gagasan besar. Pembroke harus ramah dengan tujuan untuk menjadi ambisius, tetapi tidak dewasa sebelum waktunya dan tidak pernah agresif atau malu. Pembroke cukup cerdas untuk mengijinkan kamu untuk berpikir bahwa kamu adalah bossnya. Anjing ini sangat mudah untuk dilatih karena sifatnya yang ingin selalu membuat senang majikannya. Kecerdasan/Inteligen ini dikombinasikan dengan selera humornya yang tinggi membuat anjing ini sangat disukai oleh semua orang.



Pemeliharaan dan perawatan

Pembroke Welsh Corgi dapat dipelihara di tempat yang kurang luas, anjing ini biasa hidup diperkotaan atau pedesaan . Yang penting, anjing ini tidak boleh terus dikandangkan sepanjang hari karena aning ini adalah anjing pekerja yang yang harus selalu beraktifitas. Pembroke Welsh Corgi mudah sekali untuk menjadi gemuk karena nafsu makannya yang sangat tinggi. Anda harus selalu mengontrol jumlah makanannya . Jika sudah kegemukan, anjing ini akan mendapat masalah serius dengan tulang belakangnya yang panjang.



Pembroke Welsh Corgi tidak memerlukan perawatan bulu yang berarti, cukup disikat/disisir 2 kali dalam seminggu untuk mengangkat bulu matinya. Mandikan bila diperlukan. Pembroke Welsh Corgi harus diberi exercise 2 kali dalam sehari.

Pembroke Welsh Corgi merupakan anjing dengan tingkat social yang tinggi sehingga membuat dia selalu mau dekat dengan manusia. Anjing ini suka sekali bermain dengan kita atau dengan anjing lainnya. Sebaiknya dipelihara lebih dari 1 ekor.

Official Breed Standard

Penampilan umum

Tubuh rendah, kuat, siaga dan aktif memberi kesan kuat dan stamina tinggi. Tubuh tebal, ekspresi pintar dan seperti pekerja keras. Gerakan harus bebas dan aktif. Siku kaki harus rapat dengan tubuh, gerakan kaki ke depan dengan tidak terlalu terlihat banyak mengangkat.

Kepala

Kepala harus seperti hewan Rubah (Foxy) dengan ekspresi siaga (alert) dan pintar. Tengkorak kepala harus lebar dan datar (flat) diantara telinga, stopan harus terlihat cukup. Panjang tengkorak dengan lebarnya berbanding 3:5. Hidung harus berwarna gelap.

Mata


Letak mata diposisi yang benar, membulat, ukuran sedang, warna mata tergantung dari warna bulu. Jika warna bulu terang , warna mata agak terang dan sebaliknya.

Telinga

Berdiri, ukuran sedang, agak sedikit melancip, seperti telinga anjing Herder.

Mulut

Gigi level atau menggunting .

Leher

Leher harus panjang

Kaki depan

Kaki depan harus pendek , diusahakan yang selurus mungkin. Agak bengkok masih dapat diterima asalkan tidak terlalu ekstrim. Siku kaki depan harus rapat dengan tubuh.

Kaki Belakang Kaki belakang juga harus pendek dengan siku yang baik.

Tubuh

Ukuran tubuh sedang , tidak terlalu panjang seperti tekel. Garis punggung harus rata. Tulang iga lebar, dada tebal dan dalam .

Ekor

Ekor biasanya di potong sampai habis. Jika tidak dipotong juga diperbolehkan tetapi akan mengganggu . Ekor ukuran sedang dengan bulu yang tebal.

Bulu

Ukuran sedang, tebal dan mempunyai bulu dalam (under coat). Bulu tidak boleh kasar dan keriting.

Warna


Red, Sable, Fawn, Black and Tan, atau dengan White markings di kaki,dada dan leher. Disukai yang mempunyai kalung seperti anjing Collie.

Ukuran

Jantan 9 - 10.8 kg (20 - 24 lb). Betina: 8.1 - 9.9 kg (18 - 22 lb). tinggi 25.4 - 30.3 cm (10 - 12 in) diukur dari punggung.

Kesalahan

Pembroke dengan warna seperti anjing Hound, bulu panjang di telinga dan kaki. Gigi over shot (gigi atas lebih maju dari gigi bawah) , under shot (gigi bawah lebih maju dari gigi atas). Anjing yang hanya mempunyai satu testis atau tidak ada sama sekali.


anjing Gembala Jerman

Anjing gembala jerman merupakan anjing pekerja Jerman merupakan anjing paling banyak dikenal dan digemari orang seluruh pelosok dunia, sedangkan di Indonesia dikenal dengan istilah anjing Herder.

LATAR BELAKANG

Sejarah dan asal mula anjing gembala german/german shepherd pertama kali disebarkan oleh Capt. Max Von Stephanitz yang sekaligus dijuluki sebagai tokoh dan "bapak " anjing ras Gembala German. Ia adalah seorang yang telah lama mengagumi kwalitas berbagai anjing gembala, terutama pada segi intelegensia, kekuatan dan kemampuan kerjanya. Pada Tahun 1899, bersama seorang temannya ia mengunjungi suatu pameran anjing. Ditempat itu ia terpikat dengan seekor anjing yang memberikan kesan sangat mendalam, baik mengenai keberaniannya, kemantapan sifatnya dan intelegensinya. dari hasil kunjungannya maka dibelinya dan diboyongnya anjing itu, setelah itu didirikannya suatu perkumpulan diberi nama Verein Fur Duitsche Shaferhunde atau disingkat "SV".

Menjelang abad ke duapuluh, perkumpulan SV telah berkembang menjadi perkumpulan kinologi terbesar di dunia, sementara Capt. Max Von Stephanitz menyusun rencana jangka panjang untuk perkumpulan yang dirintisnya itu. Dari hasil analisa, diperoleh kesimpulan bahwa kegunaan anjing-anjing gembala german dalam arti sesunguhnya , lambat laun diarahkan sesuai keadaan yang akan datang. anjing-anjing dibiakkan ternyata sangat berguna untuk membantu melaksanakan tugas-tugas negara, disamping kegunaannya lain. Pada perang dunia I di tahun 1914, anjing-anjing gembala german melakukan tugasnya pembela negara, sebagai penolong maupun anjing penjaga, setelah perang dunia ke II karena tentara German banyak mengunakan anjing-anjing ini sebagai anjing militer yang ikut terjun ke medan perang sebagai kurir, mata-mata, pelacak dan lain sebagainya secara sangat mengagumkan.

Kelebihannya

Kecerdikannya, keindahannya dan kepatuhannya, merupakan anjing yang mempunyai bakat serba bisa diantaranya pengembala, penjaga rumah, penuntun orang buta, dan sebagai anjing pelacak pihak kepolisian atau militer.

Penampilan Umum

Anjing ini berukuran sedang, agak panjang,kuat, kering dan berotot, dengan tulang-tulang kuat sehingga kelihatan kompak. Sedangkan ukuran anjing ini merupakan standard dalam pameran 60-65 cm dan anjing betina 55-60 cm diukur dari puncak widerrist (jarak antara titik temu leher dan pundak), panjang badan harus 10-17 % lebih panjang tinggi badan.

Karakteristik

Bentuk tubuh anjing gembala german sangat mengesankan, dengan perbandingan ukuran anggota badan sangat sepadan. Ia memiliki bulu-bulu indah dan mirip atau memberi kesan seperti srigala, sehingga tampaknya gagah dan alamiah

Dilihat dari segi karakter harus mempunyai kepercayaan diri yang kuat, seimbang dan sangat tenang, sikapnya netral dan kelakuannya baik, kecuali mendapat tekanan yang melampaui batas, selain itu anjing harus gagah berani mempunyai naluri bertempur yang kuat dan saraf yang kuat. Semua ini penting merupakan salah satu persyaratan berhubungan sebagai anjing sahabat, anjing penjaga dan pengembala.



Anjing Shetland Sheepdog


Anjing yang biasa dipanggil "Sheltie"� merupakan versi mini dari anjing Collie. Sheltie sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang karena bentuknya yang cantik dengan daya kerja yang istimewa.

Latar belakang

Sheltie termasuk salah satu anjing yang paling digemari di dunia. Anjing ini berasal dari kepulauan Shetland dan mulai diperkenalkan di Inggris pada akhir abad ke-19.

Banyak yang beranggapan kalau Sheltie merupakan hasil dari pengolahan genetik anjing Collie sehingga didapat anjing Collie yang berukuran mini. Tetapi , ada juga yang beranggapan kalau Sheltie bukan berasal dari pengolahan genetic anjing Collie, hanya saja rupanya sama.

Karakteristik


Tubuh Shetland Sheepdog sama seperti anjing Rough Collie. Badannya langsing dan ditutupi oleh bulu yang panjang dan lebat. Tengkorak kepala panjang dan berbentuk huruf V. Ukuran mata sedang berbentuk buah Almond, warna mata gelap . Untuk Sheltie yang berwarna blue merle warna matanya biasanya biru atau perak dapat diterima.

Tulang hidung panjang dan lurus, warna hidung hitam. Kuping ¾ berdiri tegak dan ujung kuping menekuk kearah depan. Ukuran ekor panjang dan dilapisi oleh bulu yang tebal dan panjang.

Bulu Shetland Sheepdog terdiri dari 2 lapis; lapis atas agak kasar dan panjang, lapis bawah pendek dan halus. Shetland Sheepdog memiliki beberapa warna; hitam, blue merle, tricolor atau sable dengan marking putih, tan, putih dan tan.

Ukuran tinggi anjing jantan dan betina berkisar antara 13-16 in dengan berat badan sekitar 20lbs (9 Kg).

Walaupun berukuran kecil, Sheltie merupakan anjing gembala yang sangat istimewa. Daya kerjanya sangat baik dan merupakan anjing pekerja yang antusias . Anjing ini dijadikan anjing gembala di Negara-negara Eropa karena anjing ini tidak dapat melukai domba dengan gigitannya , hanya untuk memberi pelajaran saja kepada domba agar menuruti arahan dari anjing ini.

Anjing ini terkesan agak bawel jika melihat orang asing dan sesekali menggonggong jika mendengar suara yang mencurigakan . Sheltie sangat protective pada majikannya atau property sang majikan dan pada anak kecil.

Anjing ini sangat cocok untuk dijadikan anjing keluarga. Sheltie sangat lembut terhadap binatang yang lebih kecil daripadanya. Anda tidak perlu takut jika anak anda yang masih bbalita bermain dengan Sheltie karena Sheltie tidak akan melawan atau marah sekalipun anak anda memukulnya. Coba anda berpura-pura memarahi atau memukul anak anda, sang Sheltie akan siap membela anak anda walaupun anda adalah majikannya.

Perawatan dan latihan


Sheltie sebaiknya disisir selama kurang lebih 15 menit dua kali dalam seminggu untuk mengangkat bulu mati dan menjaga agar bulu tidak kusut. Anjing ini cukup dimandikan 1 bulan sekali karena anjing ini tidak memiliki bau badan. Setiap kali mandi, berikan conditioner untuk menjaga agar bulunya tetap halus.

Sheltie memerlukan ruangan yang cukup luas untuk tempat ia bermain, jika perkarangan anda tidak luas sebaiknya sering ajak ia bermain di luar rumah. Sheltie sebaiknya tidak dipelihara didalam kandang karena ia adalah anjing pekerja, kandang dapat membuat anjing ini stress. Anda tidak perlu khawatir untuk melepas Sheltie didalam rumah anda karena ia tergolong anjing yang penurut, kalem dan mencintai kebersihan.

Kesalahan/Diskualifikasi

Gigi overshoot atau undershoot
Warna mata tidak gelap selain Sheltie berwarna blue merle.


0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger