Sabtu, 10 September 2011

Cara Menghemat Baterai Laptop


Tips Menghemat Baterai Laptop, secara garis besar mungkin sudah banyak yang mengetahui bagaimana cara menghemat baterai laptop. Namun disini saya akan mencoba memberikan penjelasan yang lebih terperinci bagaimana cara menghemat penggunaan baterai laptop.
Cara Menghemat Penggunaan Baterai Laptop:
Mengatur Pencahayaan/Kontras Pada Monitor
Pennggunaan tingkat pencahayaan atau kontras yang terlalu tinggi bisa menguras tenaga baterai cukup besar, untuk itu gunakan settingan kontras monitor seperlunya. Cara settingnya bisa melalui control panel>>appearance dan ikuti pilihan selanjutnya.
Mematikan Monitor Saat Tidak Digunakan
Biasakan mematikan monitor saat laptop tidak digunakan atau dalam posisi standby. Anda juga dapat menyetting Windows agar secara otomatis langsung mati dalam beberapa waktu tertentu, itu bisa dilakukan dengan cara, klik “Control Panel-Options”. Dalam “Power Options Properties” klik tab “Power Schemes”. Lalu klik tanda panah di bagian “Power Schemes” lalu pilih “Home/Office desk”. Lalu pilih waktu yang diinginkan pada “Turn Off Monitor” dan klik “Apply” dan “OK”.
Mematikan Hard disk (CPU)
Banayak yang beranggapan bahwa komputer yang tidak sedang digunakan hanya mengkonsumsi energi baterai cukup kecil, namun jika memang laptop Anda sedang tidak digunakan sebaiknya mematikan Laptop (Hard disk) sehingga energi baterai akan lebih hemat. Anda Bisa juga melakukan settingan Pada “Power Options Properties” lalu klik tab “Power Schmes”. Klik tanda panah di bagian “Power Schemes” dan pilih “Home/Off desk”. Kemudian klik “Turn off hard disk” dan pilih waktunya. Lalu klik “Apply” dan “Ok”.
Mematikan Peralatan lainnya (External Device).
Jika Peralatan lainnya tidak sedang diperlukan sebaiknya juga di matikan atau dinonaktifkan saja, termasuk feature Wi-Fi nya. Karena Seringkali orang meninggalkan peralatan tersebut dalam keadaan aktif, bahkan saat kita sedang keluar dalam waktu yang lama, padahal sebenarnya peralatan-peralatan ini yang juga banyak menghabiskan energi baterai.
Setting Mode Hibernate
Mode hibernate ini adalah fasilitas untuk melakukan shut down, tapi tidak menutup atau mematikan aplikasi yang sedang kita buka tadi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara Mode “Hibernate”. Dengan mode ini, isi memory utama (RAM) akan tersimpan dalam hard disk. Cara melakukan mode hibernate adalah sebagai berikut, pada “Power Options” kliklah tab “Hibernate”. Lalu klik kotak dekat “Enable Hibernation”. Klik juga pada tab “Advanced”. Dalam bagian “When I Press the power button” lalu klik tanda panahnya kemudian klik “Hibernate”. Klik “Apply” dan “Ok”. Setelah itu tekan tombol “Power” pada komputer anda. Mode hibernate sudah berfungsi, tekan tombol “Power” sekali lagi, komputer anda akan menyala dan akan otomatis membuka aplikasi yang telah anda buka tadi.
Proses Charging Baterai hingga benar-benar Penuh.
Pada saat kita melakukan proses charge pada baterai, pastikan prosesnya selesai atau mengunggu hingga baterai benar-benar penuh. Karena proses charge yang dilakukan setengah-setengah lalu dilanjutkan kembali, itu malah akan menghabiskan banyak energi. Jika anda ingin berpergian, sebaiknya bawa selalu baterai tambaha. Untuk menghemat pemakaian baterai. Anda bisa memanfaatkan feature Hibernate/Suspended atau gunakan soket listrik yang dihubungkan ke stopkontak.
Petunujuk Perawatan dan Skema Penggunaan Baterai.
Biasanya produsen-produsen laptop juga menyertakan feature dan software power management. Software ini sangat berguna sekali bagi para konsumen laptop, karena software ini mampu mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang sedang digunakan. Di software ini ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mengetahui beban hard disk dan energi lain yang sedang digunakan oleh laptop. Di antaranya mengetahui kecepatan prosessor atau pencahayaan monitor yang tepat untuk dapat menghemat baterai. Software ini sekaligus dapat menjadi pengawas bagi kita dalam menggunakan laptop.
Sekian Tips Perawatan dan cara menghemat Baterai Laptop, jika ada yang kurang jelas atau ingin ditambahkan silahkan kirim komentar Anda melalui kotak komentar dibahwa.
Artikel ini dicari dengan kata kunci:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger