Sabtu, 10 September 2011

Benarkah Proses Penuaan Dapat diPerlambat???

Tips Kesehatan, Jakarta - Banyak sekali produk bebas yang mengklaim bisa mencegah terjadinya penuaan. Penuaan seseorang bisa dihambat dengan mencegah datangnya kerutan dan membuat kulit tetap kencang. Tapi benarkah proses penuaan tersebut bisa diperlambat?

Semua orang tahu bahwa tidak ada hal yang bisa menghentikan proses penuaan. Proses ini akan berjalan dengan sendirinya berdasarkan usia orang tersebut, karena tidak mungkin seseorang yang hidup panjang tidak mengalami penuaan.

Proses penuaan yang terjadi hanya bisa ditunda kedatangannya dengan cara merawat tubuh dan menjaga kesehatan. Para ahli menuturkan kualitas hidup yang tinggi bisa membuat seseorang berumur panjang dan menunda terjadinya proses penuaan.

Seperti dikutip dari LiveScience, Jumat (18/12/2009) secara biologis, proses penuaan juga dipengaruhi oleh faktor hormon. Dan kadar beberapa hormon ini dengan sendirinya akan menurun sejalan dengan bertambahnya usia seseorang. Ada hormon-hormon tertentu yang bisa mempercepat atau memperlambat proses penuaan yaitu DHEA, testosteron, melatonin dan HGH.

Tubuh seseorang akan mengubah hormon DHEA (dehydro-epi-androsterone) menjadi estrogen dan testosteron. Hormon ini bisa membantu memperlambat proses penuaan, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, membakar lemak, memperkuat sistem kekebalan tubuh serta melindungi dari berbagai penyakit kronis.

Sedangkan menurunnya hormon testosteron (hormon seks pada laki-laki) akan mempengaruhi penurunan energi dan gairah seks dalam tubuh, kelemahan otot, osteoporosis dan proses penuaan.

Hormon melatonin diproduksi dalam otak dan membantu mengatur waktu tidur. Beberapa ahli menyatakan hal tersebut bisa mempengaruhi penundaan atau justru mempercepat proses penuaan. Selain itu hormon ini juga bisa melawan kanker dan meningkatkan seksualitas. Dan yang terakhir adalah human growth hormone (HGH) yaitu hormon yang mempengaruhi proses pertumbuhan, karena itu menurunnya hormon ini akan mempercepat proses penuaan.

Beberapa orang berusaha untuk menyuntikkan hormon-hormon ini dengan harapan bisa mencegah datangnya penuaan. Padahal penggunaan suplemen hormon DHEA dan testosteron yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan hati.

Untuk itu jangan percaya dengan iklan yang menyatakan bisa menghentikan penuaan, karena tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa proses penuaan bisa dihentikan. Penuaan adalah proses alami yang terjadi pada semua orang. Tidak ada satupun yang bisa menghentikan penuaan, tetapi bisa menunda waktunya dengan pola hidup sehat yang bisa meningkatkan kualitas hidup.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger