Rabu, 30 Maret 2011

Macam-macam Chord Gitar

Ada berbagai macam cara membentuk chord gitar, tapi cara terbaik untuk membentuk chord gitar adalah menggunakan rumusan/formula numeris scale interval fifteen major scales. Rumusan ini didapat dari tangga nada mayor dengan memberi nomor urut nada antara 1 sampai 15, dengan melompati nada 8, 10, 12 karena ada duplikasi disitu menurut teori dasar triad tones.
Jadi menurut formula ini, misalnya:
Tangga nada(scale) C mayor menjadi
C D E F G A B D F A

1 2 3 4 5 6 7 9 11 13

Tangga nada G mayor menjadi

G A B C D E F# A C E
1 2 3 4 5 6 7 9 11 13
Ditinjau dari konsep triad, chord pada dasarnya adalah tiga nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan. Chord dikategorikan menjadi beberapa macam tipe yaitu: Mayor, Minor, Diminished, Augmented. Sebagai tambahan saya sebut mol(b) dengan flat, dan kruis/kres(#) dengan sharp sebagai istilah standar
  1. Major(Mayor) Chords : dibentuk dengan menggunakan nada 1, 3 dan 5. Dengan mengambil C sebagai nada dasar/pokok(root), chord C mayor dibentuk dengan membunyikan not C, E dan G bersamaan.
  2. Minor Chords: dibentuk dengan menggunakan nada 1, flat 3 dan 5. Dengan mengambil C sebagai nada dasar/pokok(root), chord C minor dibentuk dengan membunyikan not C, Eb dan G bersamaan.
  3. Diminished Chords: dibentuk dengan menggunakan nada 1, flat 3 dan flat 5. Dengan mengambil C sebagai nada dasar/pokok(root), chord C diminished(Cdim) dibentuk dengan membunyikan not C, Eb dan Gb bersamaan.
  4. Augmented Chords: dibentuk dengan menggunakan nada 1, 3 dan sharp 5. Dengan mengambil C sebagai nada dasar/pokok(root), chord C augmented(Caug/C+) dibentuk dengan membunyikan not C, E dan G# bersamaan. (Sumber: http://raleopa-q.blogspot.com // & berbagai sumber)
 Semoga dapat bermanfaat.......

1 komentar:

  1. Wah, terima kasih atas postingannya ya, nice posting, sangat bermanfaat.

    salam dari Fahri's Articles

    BalasHapus

 
Copyright © . RALEOPA_Q - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger